Konsumsi Apel Setiap Hari, Ini Segudang Manfaat Bagi Tubuh Kamu

JABARNEWS | BANDUNG – Apel adalah salah satu buah yang terbukti memiliki segudang manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak heran jika buah ini menjadi salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia versi Medical News Today.

Dari sekian banyak nutrisi yang terkandung, komposisi antioksidan, flavonoid, dan serat dalam apel terbukti dapat mempercepat penyembuhan penyakit Parkinson dan Alzheimer stadium awal. Masih kurang? Berikut manfaat lain yang dapat anda rasakan dari konsumsi buah apel.

Sebuah penelitian menunjukkan orang dewasa yang rutin makan apel setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterolnya hingga 4 persen dibandingkan minum jus. Hal itu karena apel kaya akan serat dan nutrisi mikro sehat yang disebut polifenol.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Keuangan 1 Juni 2022, Pemilik Rasi Bintang Libra dan Scorpio

Para ahli berpikir apel memainkan peran penting dalam mengurangi kolesterol tinggi yang diketahui berkontribusi pada pengerasan dan penyempitan pembuluh darah. Jika dibiarkan, kondisi pembuluh darah yang bermasalah itu bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Penelitian di American Journal of Clinical Nutrition pun telah membuktikan fakta ini terhadap 40 orang. Peneliti membagi peserta menjadi dua kelompok, setengah makan dua apel sehari dan setengah lainnya hanya minum jus apel.

Baca Juga:  Seorang Warga Positif Covid-19, Satgas Cugenang Langsung Lakukan 3T

Setelah 2 bulan, kadar kolesterol kelompok yang makan dua apel sehari lebih kecil daripada yang hanya minum jus. Perbedaan hasil pemeriksaan kadar kolesterol dua kelompok tersebut yakni 5,89 dan 6,11.

“Salah satu temuan yang jelas dari penelitian ini adalah perlu perubahan kecil sederhana dalam diet kita, seperti makan dua buah apel setiap hari mungkin berdampak baik pada kesehatan jantung,” jelas dr Thanasis Koutsos, dikutip dari The Sun.

Meski begitu, Thanasis Koutsos juga belum paham kandungan serta dan polifenol dalam buah apel memberikan efek positif secara langsung pada penurunan kadar kolesterol tubuh ini atau tidak.

Baca Juga:  Mendes Eko Buka Gelar TTG di Provinsi Bengkulu

Sebelumnya, jutaan orang Inggris memilih menggunakan statin setiap hari untuk mengendalikan kadar kolesterolnya. Namun, satu dari 5 pasien justru mengeluhkan nyeri otot akibat perawatan tersebut. Karena itu, para ahli menyarankan orang menurunkan kolesterol dengan buah apel yang dampaknya jauh lebih kecil daripada statin.

Jadi, setelah mengetahui segudang manfaat dari si merah yang satu ini, masih enggan untuk mengonsumsi Apel? Yuk, mulai hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan tubuh anda. (Red)