Konsumsi Secukupnya! Inilah Lima Dampak Negatif Terlalu Banyak Makan Jeruk Nipis

JABARNEWS | BANDUNG – Jeruk Nipis merupakan salah satu buah yang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan seperti bisa mengobati sariawan, Panas dalam dan masih banyak lainnya.

Namun, bukan hanya itu saja manfaat buah tersebut. Selain baik untuk kesehatan buah satu ini juga biasa digunakan sebagai pengganti cairan cuci piring yang dipercaya bisa buat piring tersebut bersih dari noda lemak.

Sungguh banyak manfaat bukan buah jeruk Nipis Ini ? Tetapi, apakah kalian tahu? Buah nipis juga ternyata memiliki dampak negatif bila kita konsumsi secara berlebihan. 

Baca Juga:  Mengeksplor Tahura Juanda, Sebagai Destinasi Wisata Alam Bandung

Oleh sebab itu, dilansir dari beberapa sumber berikut bahaya jeruk nipis apabila terlalu banyak mengkonsumsinya:

Pertama. Kerusakan gigi – Bakteri alami berkembang di mulut kalian dan membentuk plak gigi. Ketika kalian tidak sering mencuci mulut setelah minum atau makan sesuatu, plak menumpuk dan menciptakan gigi berlubang. Air jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat tinggi yang bisa menyebabkan pengikisan email gigi.

Kedua. GERD (Gangguan pencernaan) – Gastroesophageal Reflux Disorder (GERD) merupakan gangguan pencernaan yang dapat menurunkan kinerja metabolisme tubuh seseorang. GERD sangat mudah dipicu oleh makanan pedas dan asam, dimana jeruk nipis seperti yang semua orang tahu memiliki kadar keasaman yang tinggi.

Baca Juga:  Tak Banyak yang Tahu! Ternyara Ini Manfaat Amapas Kopi Bagi Tanaman

Ketiga. Tukak Lambung – Tukak lambung adalah luka yang sangat menyakitkan yang dapat ditemukan diantara lapisan lambung atau usus kecil. Hal tersebut terjadi karena asam sitrat tinggi yang dimiliki jeruk nipis beresiko menyebabkan tukak lambung sekaligus dapat membuat iritasi lapisan lambung.

Baca Juga:  Berburu Baju Lebaran, Toko Baju Banjir Pembeli

Keempat. Hemochromatosis – Hemochromatosis adalah gangguan yang menonaktifkan tubuh dari penyerapan zat besi. Vitamin C dalam jeruk nipis juga disebut asam askorbat yang mempengaruhi penyerapan zat besi dalam tubuh.

Kelima. Gangguan asam sulfit – Asam sulfit adalah sekelompok senyawa berbasis sulfur yang keduanya terjadi secara alami serta ditambahkan ke produk makanan sebagai pengawet. Jeruk nipis mengandung sulfit, dan karena ada orang yang sensitif terhadap sulfit, ini dapat memicu komplikasi.

Penulis: Muhammad Amaludin