Lima Penyebab di Usia Muda Tumbuh Rambut Putih

JABARNEWS | BANDUNG – Rambut putih uban atau biasanya muncul seiring pertambahan usia. Namun, kemunculan rambut putih atau uban di saat usia baru menginjak belasan atau 20 tahunan jamak menimbulkan pertanyaan besar. Perubahan warna rambut dari warna aslinya menjadi abu-abu atau putih sebenarnya alamiah.

Faktanya, seseorang yang masih muda sekalipun juga bisa ubanan. Berikut ini adalah beberapa penyebab uban di usia muda:

1. Genetik atau Faktor Keturunan – Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology pada tahun 2013, disebutkan bahwa uban yang muncul lebih dini dapat berkaitan dengan faktor genetik atau keturunan di keluarga. Selain itu, ras dan etnis tertentu juga bisa berperan.

Baca Juga:  Ada Tiga Potensi Bencana Alam untuk Beberapa Wilayah Ini, Ada Bali hingga Pulau Jawa

2. Kondisi Medis Tertentu – Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, disebutkan bahwa gangguan fungsi tiroid juga bisa menyebabkan uban muncul di usia dini.

Selain itu, kondisi vitiligo juga dapat membuat rambut menjadi putih karena kematian sel pigmen melanin yang berperan dalam pewarnaan rambut.

3. Stres – Stres bisa menjadi salah satu pemicu munculnya uban di usia muda. Di masyarakat berkembang mitos bahwa orang yang beruban di usia dini berarti banyak masalah atau stres.

Baca Juga:  Berikut Ramalan Zodiak untuk Libra untuk Hari Ini

Faktanya, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh New York University di Amerika Serikat dan dipublikasikan di jurnal Nature Medicine, ditemukan bahwa sel yang bertugas untuk pewarnaan rambut dapat berkurang ketika Anda sedang stres.

Meski begitu, penelitian lain menyebutkan bahwa stres dapat menjadi salah satu faktor, namun persentasenya kecil dan lebih sering disebabkan oleh faktor lainnya.

4. Gangguan kelenjar tiroid – Masalah kelenjar tiroid seperti hipertiroidisme atau hipotiroidisme juga dapat menyebabkan rambut putih tumbuh di usia muda. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu, yang terletak di pangkal leher. Kelenjar ini mengendalikan banyak fungsi tubuh, terutama metabolisme. Kesehatan kelenjar tiroid juga mengontrol warna rambut.

Baca Juga:  Gaet Investor, Yana Mulyana: UMKM Harus Naik Kelas

5. Rokok – Penyebab uban muncul di usia dini juga dipengaruhi kebiasaan merokok. Berdasarkan studi terpercaya, kebiasaan merokok dapat memicu tumbuhnya uban sebelum usia 30 tahun. Seperti diketahui, efek jangka panjang paparan rokok dapat mempengaruhi kesehatan jantung, paru-paru, sampai rambut.

Penulis: Muhammad Amaludin