Manfaat Teh Jahe, Redakan Nyeri Haid hingga Melindungi Kesehatan Otak

Minuman teh jahe
Minuman teh jahe. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Untuk sejumlah wanita, nyeri selama menstruasi bisa menjadi hambatan bagi kegiatan sehari-hari karena intensitas rasa sakit yang tak tertahankan. Meredakan rasa nyeri ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi bahan-bahan alami seperti jahe.

Selain terkenal sebagai bumbu masakan, jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jahe memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang baik untuk tubuh. Penggunaan jahe tidak hanya terbatas pada penyajian masakan, tetapi juga bisa diolah dalam berbagai bentuk seperti teh jahe.

Baca Juga:  Pengemudi Sepeda Motor Tewas Terlindas Truk

Seorang dosen di Universitas John Hopkins, Amerika Serikat, Dr. Kantha Shelke menyebutkan bahwa manfaat teh jahe dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti komposisi ramuan, cara konsumsi, bentuk jahe, dan frekuensi konsumsi teh jahe.

Baca Juga:  Ulah Guru Nakal Buat Bupati Purwakarta Geram

Berikut ini adalah beberapa manfaat konsumsi teh jahe:

Kaya Vitamin dan Mineral

Jahe mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin B6, magnesium, potasium, tembaga, mangan, serat, dan air. Vitamin dan mineral ini penting untuk pertumbuhan dan fungsi tubuh yang normal. Vitamin C membantu penyerapan zat besi, memperkuat jaringan, dan mempercepat penyembuhan luka. Vitamin B6 mendukung produksi sel darah merah dan fungsi otak. Sementara itu, magnesium berperan dalam berbagai reaksi biokimia tubuh, termasuk fungsi saraf dan otot.

Baca Juga:  Salurkan 159 Ton Beras Untuk Korban Banjir Subang, Uu Ruzhanul Ulum Berpesan Ini