Manfaat Teh Jahe, Redakan Nyeri Haid hingga Melindungi Kesehatan Otak

Minuman teh jahe
Minuman teh jahe. (foto: istimewa)

Mengatasi Mual dan Muntah

Selama berabad-abad, jahe telah digunakan untuk meredakan mual dan muntah. Kandungan gingerol dalam jahe dapat membantu meredakan mual akibat kehamilan, efek kemoterapi, atau dampak dari operasi.

Penelitian pada wanita menemukan bahwa jahe lebih efektif dalam mencegah mual dan muntah pasca operasi dibandingkan dengan obat standar. Namun, sebaiknya konsultasikan penggunaan jahe dengan ahli kesehatan jika Anda baru saja menjalani operasi atau dalam kondisi hamil.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Ada 22 Ribu Kendaraan Diputar Balik Karena Curi-curi Mudik

Meredakan Sakit Tenggorokan dan Pilek

Jahe juga bermanfaat untuk meredakan gejala pilek seperti sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Zat gingerol dalam jahe memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu melawan infeksi dan peradangan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa jahe memiliki efek antivirus terhadap virus pernapasan manusia.

Baca Juga:  Tips Anti Ngantuk saat Naik Bus, Bisa Nikmati Perjalanan Lebih Aman dan Menyenangkan

Anti Peradangan

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri, terutama pada penderita osteoartritis. Senyawa utama yang ditemukan dalam jahe, yaitu gingerol, memiliki efek anti-inflamasi dan dapat mengurangi peradangan pada sendi yang mengalami kerusakan.

Baca Juga:  Woow... IndiHome Hadirkan Siaran Piala Dunia 2018