Marak Terjadi, Berikut Tips Agar Terhindar dari Penipuan Online

penipuan online
Ilustrasi tips agar terhindar dari penipuan online. (foto: istimewa)

“Yang terbaru adalah modus penipuan sniffing berupa link paket kurir dan link undangan pernikahan yang menggunakan file berformat Android Package Kit (APK) melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp,” ujar Eko dalam acara Ngobrol Bareng Pak Eko di Solo, Senin (31/7/2023).

Baca Juga:  Agar Bisa Hidup Tanpa Hutang Dengan Gaji Pas-pasan, Lakukan Tips Ini

Eko menambahkan modus penipuan sniffing dan link APK merupakan tindakan penyadapan yang dilakukan oleh para peretas (hacker) melalui jaringan internet.

Tujuan para pelaku untuk mencuri data dan informasi penting seperti username dan password untuk layanan perbankan mobile, informasi kartu kredit, serta data-data penting lainnya.

Baca Juga:  Kisah PMI Asal Serdang Bedagai Korban di Kamboja, Diperbudak Penipuan Online, Tidak Dapat Target Dijual ke Negara Lain

Modus penipuan ini dilakukan dengan cara mengirimkan pesan chat yang meminta korban untuk mengunduh attachment atau lampiran. Attachment tersebut mengandung aplikasi (biasanya dengan ekstensi file APK) yang telah dimanipulasi dengan menyembunyikan sebagai file foto.

Baca Juga:  Demiz Optimis Raih 70 Persen Suara Di Garut

Apabila korban lengah dan berhasil mengunduh attachment tersebut, aplikasi tersebut dapat mengakses dan mencuri data sensitif pada perangkat smartphone korban, termasuk informasi terkait layanan perbankan mobile.