Mau Buka UMKM Terkendala Modal? Begini Tips dan Strateginya, Buruan Simak

Ilustrasi Pelaku Usaha Memasarkan dan Menjual Produk UMKM di Pasar Online (Foto: Freepik)
Ilustrasi Pelaku Usaha Memasarkan dan Menjual Produk UMKM di Pasar Online (Foto: Freepik)

Contoh seperti GoJek. Para pendirinya ini sengaja menawarkan jasa antar jemput sebagai cara mempermudah masyarakat dalam menggunakan transportasi umum. Mereka melihat bahwa macet adalah suatu hal yang lumrah sehingga butuh solusi dimana orang-orang tidak akan kesusahan dalam berpergian entah itu kerja, sekolah, liburan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sekarang mulai banyak pengusaha yang memilih usaha yang berguna untuk masyarakat. Pada dasarnya memang semuanya bermanfaat, tetapi memilih usaha itu juga dibarengi oleh passion atau kesukaan sehingga usaha Anda akan semakin berkembang dan sukses.

Baca Juga:  Peran Kanwil DJPb Provinsi Jabar dalam Mendorong UMKM Bangkit dari Dampak Pandemi

2. Promosi Usaha Go Online

Promosi merupakan salah satu cara untuk mencari perhatian konsumen. Bisa secara langsung maupun tidak langsung. Jika Anda ingin melakukan promosi secara langsung, Anda bisa menyebarkan flyer atau membuat banner sebagai langkah awal dalam membuat usaha. Tidak perlu jauh, Anda bisa menyebarkan di sekitar perumahan Anda terlebih dahulu, dan selanjutnya baru menjangkau kawasan yang lebih jauh.

Baca Juga:  Begini Cara Mengatasi Lidah Melepuh Akibat Makanan Panas

Selain secara langsung, Anda juga bisa melakukan promosi tidak langsung dimana Anda tidak perlu bertatap muka dengan pelanggan Anda dalam proses pemasaran. Apalagi di era millenial ini, pastinya Anda membutuhkan banyak promosi terutama melalui sesuatu yang sering orang-orang pegang seperti gawai atau gadget.

Baca Juga:  Putri Presiden Jokowi Bangga Terhadap Kerajinan Tangan Produk UMKM Tebing Tinggi

Untuk mempromosikan lewat gadget seperti smartphone atau laptop, Anda bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan platform media sosial lainnya.