Migrasi Unik Ribuan Burung Raptor Siberia ke Gunung Sanggabuana Karawang, Ini Faktanya

Burung Raptor Siberia (1)
Burung Raptor Siberia bermigrasi ke wilayah Karawang. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ KARAWANG – Indonesia menjadi saksi fenomena alam yang luar biasa saat ribuan burung raptor asal Siberia, Rusia, bermigrasi ke tanah air. Kejadian ini menjadi sorotan setelah kawanan burung pemangsa tersebut terpantau di kawasan hutan Pegunungan Sanggabuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang.

Baca Juga:  Bacok dan Setrum Seorang Pemuda, Tiga Anggota Geng Motor Diringkus Polres Karawang

Kabar migrasi burung raptor ini pertama kali dilaporkan oleh Burung Indonesia, sebuah organisasi nirlaba yang mengutamakan pelestarian burung liar. Menurut pantauan organisasi tersebut, ribuan burung raptor melakukan migrasi sejak akhir Oktober 2023.

Baca Juga:  Jadwal Buka Puasa dan Sholat Wilayah Purwakarta, Subang dan Karawang Rabu 29 Maret 2023

Ribuan burung raptor itu terbang melalui koridor daratan sebelah timur, melewati China, Semenanjung Malaya, dan berakhir di Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

“Fenomena alam yang berharga ini terjadi secara reguler di mana burung-burung tersebut terbang berpindah dari lokasi, dan berkembangbiak pada saat musim dingin ke lokasi yang hangat guna menghabiskan waktunya menunggu musim dingin selesai,” ujar Communication Partnership Adviser Burung Indonesia, Ria Saryanthi.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Cancer, Leo dan Virgo: Jangan Terbawa Perasaan Orang Lain