Mulut Kalian Terasa Pahit? Awas, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Pernah mengalami mulut terasa pahit? Padahal tidak sedang sakit? Pada saat seperti itu, mestinya kalian akan merasa tidak nyaman untuk makan dan minum.

Namun, Apa kalian tahu penyebab mulut terasa pahit? Kebanyakan orang mestinya tidak mengetahui kenapa hal seperti itu bisa terjadi. Maka dari itu, simak artikel satu ini.

Berikut beberapa penyebab mulut terasa pahit yakni:

Pertama. Mulut kering – Masalah mulut kering (xerostomia) dapat terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia atau jenis kelamin. Mulut kering merupakan sebuah kondisi yang terjadi saat mulut Anda terasa sangat kering akibat kelenjar saliva tidak mampu menghasilkan air liur yang cukup.

Baca Juga:  Petani Karawang Terpaksa Airi Sawah dengan Air Limbah

Mulut kering yang menimbulkan sensasi pahit dapat terjadi setelah melakukan perawatan medis tertentu, misal efek samping pengobatan kanker, seperti kemoterapi atau terapi radiasi. Gejala gangguan autoimun, seperti sindrom Sjogren juga bisa menyebabkan mata dan mulut kering.

Baca Juga:  Inilah Rahasia Makanan Khas Jepang Yang Dapat Membuat Panjang Umur

Kedua. Gangguan asam lambung – Mulut terasa pahit juga erat kaitannya dengan mual dan muntah (refluks). Kondisi ini terjadi biasanya karena dipicu oleh asam lambung yang naik atau biasa juga disebut dengan gastroesophageal refluks disease (GERD).

Penyebab utama penyakit refluks asam lambung ini adalah konsumsi makanan berlebih, konsumsi makanan pedas, konsumsi makanan pada waktu yang tidak tepat, serta faktor stres. Asam lambung juga biasanya disertai dengan mulut yang berbau tidak sedap.

Baca Juga:  Bayi Usia 7 Hari Ditemukan Di Depan Rumah Warga

Ketiga. Hormon saat hamil – Hal ini biasanya terjadi pada seorang wanita terutama ketika dalam kondisi hamil. Peningkatan atau penurunan kadar hormon estrogen yang tidak seimbang adalah penyebab perubahan rasa mulut yang berubah menjadi pahit. Hal ini juga biasanya terjadi pada wanita yang sedang mengalami siklus haid. (Red)