Nyeri Punggung Berkepanjangan, Kenali Gejala dan Cara Menanganinya

Memahami gejala nyeri punggung berkepanjangan.
Memahami gejala nyeri punggung berkepanjangan. (foto: istimewa)

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk memahami lebih lanjut tentang gejala, penyebab, dan cara penanganan nyeri tulang belakang.

Gejala yang sering dirasakan oleh penderita nyeri tulang belakang antara lain adalah rasa seperti ditusuk atau tersetrum listrik. Nyeri ini bisa terjadi di punggung, bahu, pinggang, bokong, dan bahkan merambat hingga ke tangan dan kaki saat melakukan aktivitas seperti duduk, membungkuk, atau mengangkat benda berat.

Baca Juga:  AOP Diminta Ikut Kampanyekan Keselamatan Berlalu Lintas

Penting untuk lebih berhati-hati jika mengalami salah satu dari lima gejala berikut, diantaranya riwayat cedera tulang belakang, demam, nyeri intens di area tertentu, gangguan fungsi saraf pada tungkai atau otot, serta gangguan buang air besar dan kecil, atau penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab.

Baca Juga:  Jual Gorila, 2 Pemuda Dibekuk Polisi

Penyebab nyeri tulang belakang dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti cedera akibat jatuh atau benturan, gerakan tubuh yang berlebihan, dan mengangkat beban berat.

Baca Juga:  Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal Senin Mendatang

Secara umum, ada empat hal yang dapat menyebabkan nyeri tulang belakang, yaitu: kondisi sekitar tulang belakang seperti otot kaku, kerusakan bantalan tulang belakang, peradangan sendi, atau pengeroposan; terjepitnya saraf akibat pergeseran tulang belakang; gangguan pada organ-organ dalam perut atau panggul; serta gangguan pada pembuluh darah.