Pemkab Putar Otak Atasi Kekeringan

JABARNEWS | KAB. BEKASI – Pemkab Bekasi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi sudah mengambil beberapa langkah dalam mengatasi musim kemarau. Seperti di Kecamatan Bojongmangu, Cibarusah, Serangbaru, dan Kecamatan Cikarang Pusat.

Kepala Bidang Pengairan dan Sumber Daya Air, Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Nurchaidir, mengatakan, mengantisipasi kekeringan dilakukan dengan membuat program di antaranya sumur bor, sumur satelit, dan sumur imbuhan.

Baca Juga:  Simak.. Berikut Ini Daftar Libur Nasional Tahun 2020 dan Hari Terjepit

Untuk sumur imbuhan ada teknologi yang mampu menampung air hujan untuk dijadikan air bersih seperlunya.

“Untuk pekerjan pembuatan sumur imbuhan dilakukan secara bertahap tidak sekaligus. Kemudian juga membuat kolam penampungannya,” katanya, dikutip Pojok Bekasi, Senin (6/8/2018).

Upaya mengantisipasi kekeringan di beberapa kecamatan, kata Nurchaidir, tidak bisa dilakukan oleh Dinas PUPR Kabupaten Bekasi semata. Tapi diperlukan kerja sama dengan dinas lain.

Baca Juga:  Wali Kota Bandung: Selesaikan Banjir Harus Koordinasi Bersama

Seperti Dinas Lingkungan Hidup dengan reboisasi serta penanaman pohon, normalisasi sejumlah kali maupun sungai yang melintasi wilayah Kabupaten Bekasi.

“Masalah kekeringan merupakan bukan hal yang baru terjadi di Kabupaten Bekasi. Antisipasi sudah dilakukan Bidang PSDA dengan program pembuatan sumur. Sehingga menunggu proses pekerjaaanya saja bisa selesai cepat,” katanya.

Selama ini, lanjut Nurchaidir, masalah kekeringan sudah teratasi dengan adanya support dari PDAM Tirta Bhagasasi untuk pasokan air bersih kepada masyarakat. Air bersih itu didistribusikan seperti ke Bojongmangu, Cibarusah, Serangbaru dan Cikarang pusat.

Baca Juga:  Anies Baswedan Sebut Aturan Pemerintah Sering Tak Berpihak pada Masyarakat Miskin

“PDAM sendiri sudah melakukan penambahan peningkatan produksi air bersih per detiknya (over capacity). Sehingga masalah air bersih di wilayah selatan seperti Bojongmangu dan sekitarnya sudah berjalan,” ungkapnya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat