Pengurusan Paspor Sehari Langsung Jadi, Catat Syarat dan Lokasinya!

layanan pengurusan paspor sehari jadi
layanan pengurusan paspor sehari jadi. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ JAKARTA – Pengurusan paspor pada umumnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Di beberapa lokasi, pengurusan paspor hanya bisa dilakukan pada saat jam kerja.

Kali ini Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membuat terobosan baru, yakni membuka layanan pengurusan paspor sehari jadi.

Baca Juga:  PMI Cianjur Gelar Pelatihan Spesialisasi Untuk Tingkatkan Kemapuan KRS

Ditjen Imigrasi menegaskan pelayanan baru ini tersedia di beberapa tempat, termasuk pusat perbelanjaan di Jakarta. Tak hanya itu, layanan ini tetap buka pada akhir pekan.

“Hal ini kami khususkan untuk masyarakat yang memerlukan paspor untuk keadaan mendesak, misalnya mau berobat, tugas ke luar negeri. Sehingga, hari ini datang, foto, dan paspor bisa jadi di hari ini juga,” ujar Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim dalam siaran pers, Sabtu (8/4/2023).

Baca Juga:  Jika Tak Uji Emisi, Sepeda Motor dan Mobil di Jakarta Bisa Kena Denda Segini

Layanan yang diberinama Unit Pelayanan Percepatan Paspor (UP3), kata Silmy, saat ini baru tersedia di Kantor Imigrasi di Jakarta, yaitu di Lippo Mal Puri, Pasar Pagi Mangga Dua, Lippo Mal Kemang, dan Plaza Semanggi. Lalu, Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dan Mal Cibubur Junction.

Baca Juga:  Syarat Paspor Umroh Tak Perlu Lagi Surat Rekomendasi Kemenag, Ini Penjelasannya