Peningkatan Wisatawan ke Cianjur, Bupati Herman Suherman Bilang Ini

JABARNEWS | CIANJUR – Bupati Cianjur Herman Suherman mengingatkan agar aturan dan protokol kesehatan diterapkan secara ketat oleh para pelaku wisata di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Terutama terkait batasan wisatawan yang masuk ke tempat wisata tidak lebih dari 50 persen dari kapasitas. Herman Suherman mengingatkan hal itu seiring dengan peningkatan kunjungan wisata, termasuk ke sejumlah hotel yang ada.

Bupati Cianjur mengatakan, seiring kelonggaran yang diberikan pemerintah untuk wilayah Jawa-Bali, membuat angka kunjungan wisatawan terus meningkat, termasuk di Cianjur.

Baca Juga:  Lima Hewan Ini Memiliki Kecerdasan Di Atas Rata-rata

“Saat ini angka kunjungan terus meningkat, sehingga berdampak terhadap perekonomian terutama di wilayah utara dan selatan Cianjur,” kata Herman Suherman, Minggu (19/9/2021), dikutip dari Antara.

“Namun, peningkatan itu tetap harus diwaspadai. Jangan sampai menimbulkan penularan kembali meningkat,” Bupati Cianjur mengingatkan.

Ia menjelaskan, satgas dibantu gugus tugas di masing-masing tempat wisata disiagakan untuk memantau penerapan protokol kesehatan, sehingga setiap evaluasi petugas gabungan akan memberikan laporan, termasuk tindakan yang sudah diberikan.

“Jangan sampai ada kelonggaran dan pengecualian karena akan berdampak luas. Kita menargetkan seluruh wilayah Cianjur, kembali ke zona hijau dan mendapat status level 1, sehingga berbagai kegiatan termasuk perekonomian dapat berjalan normal,” katanya.

Baca Juga:  Waduh, Ternyata Bau Badan Salah Satu Gejala Penyakit Ini

Sementara pengelola wisata di wilayah Cianjur, sepakat dengan peringatan pemerintah terkait penerapan prokes ketat terutama batasan pengunjung tidak lebih dari 50 persen serta menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) saat berada di lokasi wisata dan hotel.

“Kami mengedepankan aturan yang diterapkan pemerintah, termasuk dalam jumlah wisatawan yang bisa masuk kawasan wisata hanya 50 persen dari kapasitas. Mereka juga wajib menunjukkan surat vaksin minimal dosis pertama,” kata staf Humas Kebun Raya Cibodas, Dani.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Libra Jangan Percaya Dengan Orang Disekitarmu

Senada dengan pengelola tempat wisata, pengelola hotel menerapkan hal yang sama, dimana tamu yang datang sebagian besar memesan kamar secara online, diwajibkan mencantumkan surat keterangan sudah divaksin minimal dosis pertama.

“Prokes ketat menjadi perhatian kami, semua tamu yang menginap wajib mematuhi aturan dan prokes. Kami juga bertanggung jawab menekan angka penularan kembali meningkat,” kata Markom Manager Le Eminance Hotel, Rizki. (Red)