Penuhi Kebutuhan 500 Ribu Kantong Darah per Tahun, Perwira Polri Ajak Masyarakat Gencar Donor Darah

Kompol Ardian Satrio Utomo saat melakukan donor darah di PMI Kota Bandung. (foto: istimewa)

JABARNEWS | JAKARTA – Selain bisa menyelamatkan orang yang membutuhkan, donor darah ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Biasanya, darah yang akan didonorkan berjumlah 480 mililiter.

Pria boleh mendonorkan darahnya setiap 12 minggu (3 bulan) dan wanita dapat memberikan darahnya setiap 16 minggu (empat bulan)—maksimal 5 kali dalam setahun karena pria biasanya memiliki lebih banyak persediaan zat besi daripada wanita.

Baca Juga:  Video Viral Aksi Eksibisionis di Cimahi, Korban Sempat Dikejar Pakai Mobil

Donor darah juga sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan risiko kanker, membantu menurunkan berat badan, mendeteksi penyakit serius dan membantu lebih sehat secara psikologis dan panjang umur.

Baca Juga:  Polri Sebut Jenazah Eril Diperkirakan Tiba di Indonesia Minggu Pagi

Manfaat yang tak kalah penting adalah fakta bahwa menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis.

Manfaat positif itu juga dapat dirasakan kesehatan tubuh, membantu menyingkirkan perasaan negatif, menciptakan rasa saling memiliki dan mengurangi perasaan kesepian (isolation).

Baca Juga:  Nah Lho! Sekda Karawang Geram Terkait Kesalahan Tulisan Dalam RPJMD

Atas dasar itulah, seorang anggota kepolisian Kompol Ardian Satrio Utomo juga telah lama rutin mendonorkan darahnya di PMI Kota Bandung Jalan Aceh no 79 Cihapit kec Bandung Wetan Kota Bandung.