Perlu Diketahui, Inilah Kenapa Dilarang Makan Semangka pada Malam Hari

Fakta larangan makan buah semangka saat perut kosong
Fakta larangan makan buah semangka saat perut kosong (foto: istimewa)

Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi semangka pada malam hari karena dapat berdampak negatif pada kesehatan. Dikutip dari Times of India, berikut beberapa masalah kesehatan yang dapat timbul jika Anda mengonsumsi semangka pada malam hari:

Gangguan Pencernaan

Pencernaan cenderung lebih lambat pada malam hari dan mencapai puncak aktivitasnya di pagi hari. Makan semangka pada malam hari dapat mengganggu pencernaan dan menyebabkan ketidaknyamanan perut karena tingginya kandungan air dan asam dalam semangka.

Baca Juga:  Revitalisasi Alun-alun Kejaksan Ditargetkan Rampung Akhir Bulan Ini

Dalam beberapa kasus, mengonsumsi semangka sebelum tidur juga dapat menyebabkan iritasi usus.

Tingginya Kadar Gula

Semangka mengandung kadar gula alami yang tinggi, yang dalam beberapa situasi dapat menyebabkan peningkatan berat badan jika dikonsumsi pada malam hari.

Baca Juga:  Bazar Murah Pemkab Purwakarta Diserbu Warga Sukasari

Sebaiknya menghindari konsumsi gula pada malam hari karena dapat menyebabkan penambahan berat badan. Selain itu, beberapa buah di pasaran dapat mengandung bahan tambahan kimia untuk meningkatkan rasa manisnya.

Sering Buang Air Kecil

Kandungan air yang tinggi dalam semangka sebenarnya dapat menyebabkan seringnya buang air kecil, yang dapat mengganggu tidur malam Anda dan menyebabkan kelelahan keesokan harinya.

Baca Juga:  Kolam Retensi Sirnaraga, Bisa Tampung Air Dan Buat Olahraga

Meskipun dapat membantu menjaga hidrasi saat musim panas, mengonsumsinya pada malam hari dapat berpotensi menyebabkan masalah retensi air yang dapat menyebabkan pembengkakan dan kelebihan cairan tubuh.

Untuk menjaga kesehatan dan mendapatkan manfaat maksimal, sebaiknya nikmati semangka pada siang hari. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News