PID Bisa Bentuk Desa Di Cianjur Jadi Lebih Inovasi

JABARNEWS | CIANJUR – Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Kementerian Desa PDTT RI untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa secara berkualitas.

PID mendukung pencapaian target RPJM 2015-2019 dengan mendukung pembangunan desa secara kreatif sehingga dapat mendorong pengembangan ekonomi lokal dan pengembangan sumber daya manusia.

Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa, Firdaus Alawi, menyebut, Bursa Inovasi Desa menjadi momentum yang tepat bagi desa-desa di Kabupaten Cianjur untuk terpacu menjadi sektor vital pembangunan.

“Sekarang momentum tepat bagi desa untuk jadi sektor vital pembangunan melalui inovasi kreatif seiring dengan potensi desa yang begitu kaya,” ujar Firdaus Alawi ketika dikonfirmasi usai membuka acara Bursa Inovasi Desa Kabupaten bersama Wakil Bupati Cianjur bertempat di Gedung As Sakinah Jl. KH. Ahmad Nuh, Selasa (4/11/2018).

Baca Juga:  Wisata Alam Bartong, Surga Kecil Tersembunyi di Serdang Bedagai

Firdaus menambahkan, hal mendasar dalam mengembangkan desa adalah keterbaruan inovasi dan pertukaran pengetahuan antardesa.

“Maka dasarnya adalah keterbaruan inovasi dan pertukarannya. Inovasi ini didapat dari realitas hasil kerja desa-desa dalam melaksanakan kegiatan pembangunan, apalagi Bursa Inovasi Desa ini merupakan BID ke-2,” tambahnya.

Baca Juga:  Gunung Sinabung Erupsi, Kolom Abu 4.500 Meter, Empat Kecamatan Terdampak

Sebagai indikator keberhasilan, Firdaus menerangkan setiap desa pada acara kali ini diberi sebuah form komitmen mengenai pertukaran ide dan inovasi yang kemudian dicoba diterapkan di desa lain.

Jika sejalan dengan RKP Desa, maka pertukaran ide dan inovasi akan dinilai berhasil.

“Ada form komitmen, desa nanti akan diberi pilihan sebuah program dari desa lain, nah jika mereka bisa menerapkan sesuai RKPDesa ya dinilai berhasil,” jelasnya.

Praktik unggul inovasi desa pada acara tersebut telah didokumentasikan menjadi bagian pembelajaran desa-desa agar dapat direplikasi jadi kegiatan di tahun selanjutnya.

Baca Juga:  Cipadung Jadi Kelurahan Tertinggi Kasus Covid-19, Ini Kata Satgas

Maka dari itu diharapkan, percepatan dan ketepatan sasaran pembangunan dapat segera tercapai.

Firdaus menambahkan pula ucapan terima kasih kepada semua jajaran panitia pelaksana yaitu pengurus TPID se-Kabupaten Cianjur, juga kepada Bapak Wakil Bupati yang telah memberikan sambutan tak lupa Bapak Kadis DPMD Cianjur beserta seluruh jajaran yang telah memfasilitasi dengan sebaik mungkin terselenggaranya acara ini. (Har)

Jabarnews | Berita Jawa Barat