Pj. Bupati Purwakarta: PPKS Banyak Manfaatnya

JABARNEWS | PURWAKARTA – Mewakili Provinsi Jawa Barat dalam ajang Lomba Pengelolaan PPKS di tingkat Nasional tahun 2018, Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) “Respati” yang berlokasi di Desa Sawahkulon, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta dinilai telah sukses menjalankan program kerjanya.

Ketua PPKS Respati, Warsih, mengaku, cukup berbangga bisa membawa nama Purwakarta dan Jawa Barat di ajang tersebut ke kancah nasional. Disebutkannya, pihaknya yang merintis PPKS sejak awal hingga saat ini.

Baca Juga:  Tim Sukses Rindu Blusukan Di Cianjur dan Garut

“Awalnya memang respon masyarakat ya, tapi berkat dukungan dari dinas (DPPKB), Pa Camat juga dan para konselor dari KUA pasawahan, ada dari dokter psikolog yang membantu dan akhirnya masyarakat percaya pentingnya konsultasi masalah keluarga. Jadi sekarang alhamdulillah warga antusias,” tutur Warsih, ditemui saat berlangsungnya Rechecking Tingkat Nasional Lomba Pengelolaan PPKS, Jumat (25/5/2018).

Baca Juga:  Hati-Hati Jeratan Pinjol, Begini Cara Cek Izinnya dari OJK

Di tempat yang sama, Penjabat Bupati Purwakarta, Taufiq Budi Santoso, yang hadir dengan Ketua Penggerak PKK Purwakarta, menegaskan, akan mengembangkan keberadaan PPKS di wilayah Purwakarta dari segi jumlah dan kualitas pelayanannya.

Menurut Taufiq, hal ini mengingat pentingnya keberadaan PPKS dalam upaya deteksi dini tingkat ketahanan keluarga baik kesehatan hingga permasalahan lainnya. Sehingga masyarakat bisa dimudahkan terhadap fasilitas pelayanan yang sifatnya deteksi dini melalui konseling keluarga.

Baca Juga:  Polres Tanjung Balai Tangkap Pelaku Pembunuhan, Dua Masuk DPO

“Jadi bukan sekedar lomba ya. Adanya PPKS ini ternyata penting dan sangat banyak manfaatnya untuk tempat konsultasi masyarakat dan pembentukan ketahanan keluarga ya. Ini harus dikembangkan di seluruh wilayah di Kabupaten Purwakarta, minimal satu kecamatan satu PPKS,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat