Tiga Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Lama Menatap Layar Monitor

JABARNEWS | BANDUNG – Pekerjaan di kantor biasanya tak lepas dengan menggunakan komputer. Hal tersebut membuat mata kita lama memandang layar monitor. Jika di biarkan, hal tersebut bisa merusak kesehatan mata.

Untuk menjaga kesehatan mata ketika lama memandang layar monitor, ada banyak cara yang bisa kalian lakukan. Hal tersebut membuat mata kalian tetap sehat dan terhindar dari gangguan mata.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara menjaga kesehatan mata ketika terlalu lama memandang layar monitor yakni:

Baca Juga:  Ketua GP Ansor Cianjur Polisikan Ustad Paret

Pertama. Jalankan Aturan 20-20-20 – Tips menjaga kesehatan mata yang paling mudah dilakukan adalah jalankan aturan 20-20-20. Aturan ini dibuat oleh American Optometric Association (AOA).

Caranya adalah mengalihkan pandangan mata dari layar gadget setiap 20 menit. Kamu bisa menatap benda atau area luar ruangan yang jaraknya sekitar 20 kaki. Lakukan tips menjaga kesehatan mata ini selama 20 detik.

Kedua. Ingatlah untuk Berkedip – Pernahkah kamu mencoba untuk tidak berkedip selama beberapa detik? Rasanya mata jadi kering dan perih. Hal ini pula yang terjadi saat kamu menatap layar seharian dan jarang berkedip.

Baca Juga:  Layani Empat Pembeli, Tukang Bubur di Tasikmalaya Didenda Rp5 Juta

Tidak hanya kering, mata pun rentan mengalami iritasi dan kotor. Jadi, ingatlah untuk berkedip supaya terasa lembab dan kesehatan mata terjaga.

Ketiga. Menata Posisi Layar dengan Tepat – Bagi kamu yang menggunakan laptop atau komputer untuk WFH, pastikan untuk menata posisi layar dengan aturan yang tepat demi kesehatan mata. Pertama-tama, layar monitor harus berjarak minimal 25 inch dari mata. Apabila kamu malas mengukur, setidaknya layar tersebut berjarak 1 lengan.

Baca Juga:  Kebakaran Lahap Pabrik Obat di Margacinta Kota Bandung

Kedua, posisikan layar monitor sejajar dengan tinggi mata masing-masing. Hal ini untuk mengurangi ketegangan otot mata juga otot leher dan pundak. Siasati tips ini dengan memilih kursi dan alas laptop yang dapat diatur ketinggiannya. (Red)