• Sabtu, 23 Oktober 2021

Yuk Simak! Cara Mengelola Uang Sendiri Bagi Entrepreneur

- Sabtu, 25 September 2021 | 15:29 WIB
Cara Mengelola Uang Bagi Entrepreneur (Foto: mag)
Cara Mengelola Uang Bagi Entrepreneur (Foto: mag)

JABARNEWS | BANDUNG - Bagi seorang entrepreneur, menjalankan bisnis secara lancar dan sukses merupakan keinginan terbesar saat terjun ke dunia bisnis. Keduanya hal ini menjadi bukti atas kerja keras seorang pengusaha, yang secara tidak langsung memberi kepuasan bagi diri sendiri.

Namun, beberapa pengusaha justru harus menghadapi segudang tantangan yang terkadang membuat perjalanan bisnis terhenti di tengah perjalanan. Salah satu tantangannya dimana pengusaha tidak mampu mengelola keuangan dengan baik.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara mengelola uang bagi entrepreneur yakni:

Pertama. Melupakan Pengeluaran Kecil - Ada berbagai pengeluaran yang terjadi saat menjalankan suatu bisnis, baik untuk produksi, promosi, menggaji karyawan, dan lain-lain. Namun, kebanyakan pengusaha hanya fokus pada pengeluaran besar karena menganggap pengeluaran ini yang memberi impact besar terhadap bisnis.

Sedangkan pengeluaran kecil diabaikan begitu saja karena dianggap kurang penting. Padahal bila pengeluaran kecil diakumulasi, maka totalnya juga akan besar atau bahkan bisa menyamai pengeluaran yang nominalnya besar.

Kedua. Mengabaikan Uang Kecil - Bukan hanya menabung, memperhatikan uang kecil juga penting saat menjalankan sebuah bisnis. Meski nominalnya tidak seberapa dan tidak bisa dipakai untuk banyak hal, tapi bila dikumpulkan secara perlahan maka dapat digunakan untuk memenuhi sebagian kebutuhan bisnis.

Tanpa pecahan uang kecil, uang besar yang sudah ditukarkan tidak akan bulat seperti sedia kala. Maka dari itu, tidak baik bila kamu terus-menerus mengabaikan uang kecil ini.

Ketiga. Cuma Fokus Pada Pendapatan - Ada pengeluaran, ada pula pendapatan, dan sebagai pebisnis perlu sadar betul akan hal ini. Sayangnya, fokus utama kamu terkadang hanya tertuju pada pendapatan, bagaimana cara untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Akibatnya, pos-pos pengeluaran terabaikan begitu saja.

Padahal pendapatan dan pengeluaran merupakan dua elemen keuangan yang tidak dapat dipisahkan begitu saja. Untuk mengetahui total pendapatan yang sebenarnya, kamu harus tahu juga berapa banyak uang yang sudah dikeluarkan saat menjalankan bisnis. (Red)

Editor: Muhammad Amaludin

Tags

Terkini

Ini Dia Tiga Mitos Seputar Flu yang Jarang Diketahui

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Ingin Banyak yang Nonton? Ini Jadwal Jam FYP TikTok

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 08:06 WIB

Waspada! Ini Dia Beberapa Zodiak Rentan Depresi

Jumat, 22 Oktober 2021 | 19:01 WIB

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan, Lakukan Cara Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:00 WIB
X