• Selasa, 26 Oktober 2021

Ternyata, Ini Bahayanya Jika Mengkonsumsi Air Kelapa Secara Berlebihan

- Senin, 27 September 2021 | 17:28 WIB
Ilustrasi air kelap muda (Freepik/@jcomp)
Ilustrasi air kelap muda (Freepik/@jcomp)

JABARNEWS | BANDUNG - Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata air kelapa juga memiliki bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Terutama kesehatan jantung. Akibat kandungan kalium yang terlalu tinggi.

Farmakologi Universitas Indonesia Prof. Dr. Purwantyastuti menyarankan, jika air kelapa diminum tiap hari, sebaiknya cukup 1-2 gelas. Sebab, kandungan kalium dapat menjadi masalah bila kadar totalnya di dalam tubuh terlalu tinggi. Ditambah lagi, kalium akan didapat juga dari makanan. Kalium yang terlalu tinggi dapat mengganggu fungsi jantung.

“Sebenarnya tidak ada cara meminum secara khusus, tetapi mesti diingat bahwa meski berfungsi mengatasi dehidrasi, sebaiknya jangan sampai air kelapa digunakan untuk memenuhi seluruh kebutuhan air dalam sehari (8-10 gelas)," Kata Farmakologi Universitas Indonesia Prof. Dr. Purwantyastuti pada (27/09/2021) dilansir dari Pikiran rakyat.com Yang berjudul "Bahaya Minum Air Kelapa Berlebihan, Jantung Bisa Terdampak"

Baca Juga: Mengenal Manfaat Kombucha, Teh Fermentasi Ribuan Tahun Yang Baik Untuk Kesehatan

Baca Juga: Ternyata Kuling Kentang Bisa Mengatasi Masalah Kesehatan Ini

Namun, Purwantyastuti juga mengatakan jangan khawatir, selama diminum tidak berlebihan, air kelapa tidak akan menimbulkan masalah kesehatan.

Baca Juga: Lapas IIB Purwakarta Pasang Panic Button, Ini Fungsinya

Baca Juga: Tiga Manfaat Daun Putri Malu Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat utama air kepala sendiri adalah mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Kekurangan cairan akan menimbulkan masalah pada reaksi-reaksi kimia di semua sistem tubuh, termasuk sistem imun.

Halaman:

Editor: Muhammad Amaludin

Sumber: Pikiran rakyan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Move On Dari Gebetan, Simak!

Senin, 25 Oktober 2021 | 10:05 WIB
X