Begini Cara Budidaya Burung Nuri Bagi Pemula, Bisa Jadi Peluang Usaha

JABARNEWS | BANDUNG – Cara budidaya burung nuri bisa menjadi pilihan untuk usaha rumahan. Banyak orang yang menyukai jenis burung kecil yang cantik ini. Apalagi pemeliharaan hewan ini terbilang tidak ribet dan mudah kita lakukan Hal ini tentunya cocok untuk dijadikan peluang usaha.

Selain bisa dijadikan peluang usaha, budidaya burung nuri juga memiliki suara hingga warna yang cukup indah. Jadi, burung nuri bisa menjadi salah satu hewan peliharaan. Namun, bagaimana cara budidaya burung nuri?

Berikut beberapa cara budidaya burung nuri sebagai peluang usaha yakni:

Baca Juga: Seusai Acara Pelantikan, Wakil Bupati Purwakarta Mesra dengan Kades Tajursindang

Baca Juga: Awas! Ini Dia Tiga Hewan Pendeteksi Bencana, Bisa Jadi Tanda Datangnya Gempa Bumi Hingga Badai

Baca Juga:  Video TikTok Hana Hanifah Ada Logo BIN, Ada Apa?

Pertama. Memilih Indukan Unggulan – Untuk cara budidaya burung nuri yang harus Anda lakukan adalah memilih indukan unggulan. Dengan memilih induk yang berkualitas akan dapat mempercepat dalam proses membuat burung bertelur.

Baca Juga: Bansos Beras Digantikan BPNT, Budi Waseso: Potensi Bulog Merugi Itu Pasti

Baca Juga: Pelajar di Sukabumi Jadi Korban Pembacokan Saat Pulang Sekolah, Corbek Menancap di Pahanya

Untuk menemukan indukan unggulan Anda harus mengetahui ciri-cirinya. Tanda induk unggulan biasanya memiliki penampilan fisik yang bugar dan keadaannya yang sehat.

Kedua. Ukuran Penangkarnya – Setelah memilih induk unggulan burung Nuri, Anda juga perlu menyiapkan kandang untuk penangkarannya.

Baca Juga:  Alih Fungsi Lahan Di Kota Bogor Tidak Terkendali

Kandang penangkaran burung Nuri dapat Anda beli ataupun dengan membuat sendiri. Pilihlah kandang dengan ukuran panjang sekitar 1 m, lebar 1,50 m dan tinggi sekitar 2 m.

Ketiga. Ukuran Glodok – Setelah memilih indukan dan menyiapkan penangkarnya, langkah cara budidaya burung nuri selanjutnya adalah menyiapkan glodok kotak.

Baca Juga: Hoaks! Vaksin Covid-19 Bikin Pendek Umur dan Darah Kental

Baca Juga: Menengok Catatan Apik Nick Kuipers Bersama Persib Musim Ini

Tempat glodok ini dapat Anda buat sendiri. Untuk membuatnya bisa dengan menggunakan bahan kayu papan yang memiliki ukuran panjang 35 cm, lebar 20 cm dan tinggi 20 cm.

Baca Juga:  Petugas Gabungan Tinjau Sejumlah Desa Dikepung Banjir di Cirebon

Baca Juga: Makanan Disemutin Boleh Dimakan Nggak sih? Ini Kata Dr. Nadia Alaydrus

Baca Juga: Pemulihan Ekonomi Nasional Ada di Tangan Jabar, Ini Modal Dasarnya

Keempat. Makanan Burung Nuri – Untuk makanan burung Nuri biasanya berupa kacang-kacangan, pepaya, wortel, roti atau pelet. Hal yang perlu Anda ingat bahwa pemberian makan burung Nuri harus Anda lakukan secara teratur agar burung Nuri hidup dengan sehat.

Kelima. Menjaga Kebersihan Kandang – Cara budidaya burung Nuri yang tak kalah penting adalah dengan menjaga kebersihan kandang penangkarannya. Anda harus selalu membersihkan setidaknya setiap 3 hari sekali atau setiap 1 minggu sekali. ***