Tips Aman Negosiasi Gaji Lewat Email, Kalian Sudah Coba?

JABARNEWS | BANDUNG – Semua orang ingin bekerja di perusahaan besar dengan fasilitas yang memadai. Tiba saat negosiasi gaji, nyali kebanyakan orang langsung ciut. Apalagi saat negosiasi gaji lewat email.

Pasalnya ketika negosiasi gaji dilakukan lewat email, Anda tidak dapat melihat reaksi recruiter. Bahkan harus terima kenyataan pahit dimana recruiter tidak menghubungi Anda lagi setelah menyebutkan nominal gaji yang diinginkan.

Oleh sebab itu berikut beberapa tips negosiasi gaji lewat email yakni:

Baca Juga: Seorang Pelajar di Serdang Bedagai Dicabuli Tetangganya, Pelaku Bapak dan Anak

Baca Juga: Fokus JP Gelar Diskusi Bertajuk Pemerintah, Media dan Politik di Purwakarta

Baca Juga:  Berikut Profil Leader BTS Kim Nam-joon, Sebagai Rap Monster

Pertama. Ketahui gaji rata-rata untuk suatu posisi – Agar tawaran yang diberikan tidak terlalu tinggi, cari tahu rata-rata gaji pada posisi yang sedang dilamar. Sebab, setiap posisi memiliki range gaji yang berbeda-beda.

Baca Juga: Dirjen PPKTrans: Transmigrasi Terbukti Mampu Dukung SDGs Desa

Baca Juga: Wujudkan Zero Halinar, Lapas Purwakarta Intens Lakukan Penggeledahan

Misalnya antara staff finance dan sales, gaji finance pasti lebih besar. Tapi untuk masalah bonus, sales punya peluang dapat bonus lebih besar tergantung penjualan.

Kedua. Buka negosiasi dengan kalimat sederhana – Sebelum memulai negosiasi, alangkah baiknya kalau Anda membuka percakapan dengan kalimat sederhana. Misalnya dengan mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan sampai ada pada tahap ini.

Baca Juga:  Kapolres Batubara Renovasi Rumah Pengerajin Tenun Songket Tradisional

Lalu lanjutkan dengan nominal gaji yang Anda harapkan untuk dipertimbangkan oleh perusahaan. Dengan kalimat sederhana tersebut, kalian sudah menunjukkan kesan baik ke pihak perusahaan sekaligus memberi kejelasan tentang ekspektasi gaji yang diinginkan.

Baca Juga: Ngaku Bisa Gandakan Uang, Pria Paruh Baya ini Diciduk Polisi

Baca Juga: De Ambulan! Atalia Praratya Jajaki Peran di Web Series Kolaborasi Bareng Baznas Jabar

Baca Juga:  Cerita Ratna Guru di Serdang Bedagai, 33 Tahun Mengajar Penah Dapat Kodo Istimewa Ini

Ketiga. Minta fasilitas tambahan – Jika kenyataannya perusahaan tidak mengabulkan negosiasi gaji, coba meminta fasilitas tambahan yang dapat dinikmati selama bekerja. Misalnya tentang bonus, asuransi kesehatan, transportasi, makan siang, hingga laptop yang bisa dibawa pulang.

Baca Juga: Awas! Tiga Bahaya Kuku Panjang yang Jarang Disadari, Salah Satunya Sebabkan Infeksi

Lumayan kalau perusahaan memberikan satu atau dua fasilitas tambahan guna menunjang semangat dan mobilitas sewaktu bekerja. Permintaan fasilitas sebaiknya disesuaikan dengan jabatan Anda, jadi perusahaan tidak perlu terlalu banyak pertimbangan saat hendak memberikannya. ***