Fokus JP Gelar Diskusi Bertajuk Pemerintah, Media dan Politik di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Forum Komunikas Jurnalis Purwakarta (Fokus JP) menggelar diskusi yang Bertajuk ‘Pemerintah, Media dan Politik Purwakarta, berlokasi di Hidden Valley Hills, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, pada Senin, 1 November 2021.

Menurut, Kordinator Fokus JP, Wahyudin, mengatakan kegiatan rapat kerja Fokus JP tersebut untuk mewujudkan iklim komunikasi publik yang memadai. 

“Pemerintah, Partai Politik dan Media menjadi faktor penentu untuk merumuskan arah pembangunan,” terang pria yang akrab disapa Aweng itu.

Baca Juga: Dirjen PPKTrans: Transmigrasi Terbukti Mampu Dukung SDGs Desa

Baca Juga: Mengenal Ragam Jenis Saluran Air Hujan di Atap Rumah

Ia juga mengatakan, kolaborasi tersebut mesti terus dilakukan guna evaluasi serta rekomendasi untuk perbaikan pembangunan di Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Kades Tersandung Kasus Hukum, Pelayanan Desa Jatimekar Masih Berjalan?

Baca Juga: Kapolri Listyo Sigit Prabowo Lakukan Pembenahan Internal Polri, Ini Langkahnya

Baca Juga: Ini Dia Makanan Sehat yang Ada di Drama Korea Menurut dr. Decsa Medika Hertanto

“Sejak 2013 Fokus JP menghasilkan rekomendasi untuk pemerintah terkait evaluasi dan lain-lain. Diharapkan media yang tergabung dalam Fokus JP mampu menjadi garda terdepan untuk melawan hoaks,” ucapnya. 

Sementara, Bupati Purwakarta yang diwakili oleh PLT Asda I, Hariman Budi Anggoro, mengatakan esensi rakerda sejatinya untuk memperkuat motivasi, wahana strategis serta untuk evaluasi program. 

Baca Juga:  Yuk Simak Cara Membersihkan Kloset Duduk yang Kuning

“Yang terpenting Harus mengakomidir aspirasi dari bawah. Dapat mengakomodasi pandangan dari berbagai elemen sehingga menjadi kontrol sosial yang perannya tidak bisa dilepaskan dari jurnalis serta kaitannya dengan Pemkab Purwakarta,” tutur Hariman. 

Ia juga menyebut, Pemkab Purwakarta mendorong program yang akan disahkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Bermain Sepatu Roda Sebagai Olahraga Ekstrim, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Baca Juga: Soal Penghapusan Cuti Bersama Nataru 2022, Sandiaga Uno: Kita Tidak Ingin Kasus Covid-19 Meningkat

“Diharapkan hal tersebut dapat mewujudkan Kabupaten Purwakarta lebih istimewa,” tutur Hariman. 

Sementara, tanggapan Parpol dalam sesi diskusi menghadirkan H Sona Maulida yang merupakan Ketua DPC Kabupaten Purwakarta, menurut pengamatannya telah terjadi pergeseran dari sisi jurnalisme setelah adanya metode jurnalisme. 

Baca Juga:  Ridwan Kamil Sebut 2,6 Juta UMKM Jabar Sudah Terkoneksi Digital

“Jurnalisme masyarakat menjadi pola baru media. tidak terikat dengan kerangka jurnalisme. Dalam kaitannya dengan politik, media mesti menjadi penyeimbang dalam pilar demokrasi,” tutur Kang Sona. 

Ia juga menyebut, hubungan antara media dan partai politik merupakan hubungan yang visioner dan mesti ada kesinambungan visi.

“Jurnalisme menjadi jembatan masyarakat untuk mengakses informasi. Pola intensitas tersebut mesti terus diupayakan untuk mewujudkan pembangunan manusia atau infrstruktur yang lebih baik,” tutur Kang Sona. (Gin)