Deretan Tokoh Perjuangan yang Erat Kaitannya Dengan Hari Pahlawan 10 November

 

JABARNEWS | BANDUNG – Hari Pahlawan yang akan diperingati 10 November 2021 kini tinggal menghitung hari. Terkait itu, ada beberapa tokoh pejuang yang erat kaitanya dengan perayaan tersebut.

Sejumlah tokoh pejuang pada Hari Pahlawan pada 10 November tersebut tentunya penting kalian ketahui untuk mengenang jasanya. Lalu, siapa sajakah itu?

JabarNews.com melansir dari banyak sumber berikut beberapa tokoh pejuang yang erat kaitannya dengan Hari Pahlawan yakni:

Baca Juga: Polres Garut Tangkap 20 Tersangka Kasus Barang Memabukan, Ada Tembakau Sintetis hingga Miras Oplosan

Baca Juga:  Sisi Humanis Polisi Purwakarta Kawal Demostran Buruh: Bagikan Air Mineral Hinga Permen

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Wanita Menaklukan Pria, Kalian Pernah Coba?

Pertama. Bung Tomo – Sutomo atau yang akrab disapa Bung Tomo merupakan pahlawan yang terkenal karena peranannya dalam membangkitkan semangat arek-arek Suroboyo untuk melawan penjajah Belanda melalui tentara NICA, yang berakhir dengan pertempuran 10 November 1945 dan hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Baca Juga: Banjir di Serdang Bedagai Semakin Parah, Ketinggian Air Capai 1,5 Meter

Baca Juga: Soal Monumen Perjuangan Melawan Pandemi Covid-19, Ini Kata Budayawan

Bung Tomo mendapatkan gelar pahlawan nasional pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2008. Keputusan ini disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Bersatu, Muhammad Nuh pada 2 November 2008.

Baca Juga:  Lantik Pimpinan PT dan Pejabat Struktural, Nadiem Singgung Kemajemukan Bangsa

Kedua. Mayjen Sungkono – Meski belum mendapatkan gelar pahlawan, Mayjen Sungkono memegang peranan penting dalam pertempuran Surabaya sebagai Panglima Angkatan Perang Surabaya.

Mengutip berbagai sumber, Ia berperan ganda sebagai pemimpin pertempuran yang berani dan membakar semangat para pejuang hingga mereka tak takut akan persenjataan lengkap dan mutakhir milik tentara Inggris.

Baca Juga: DPRD Jabar Minta Bank BJB Bantu Perekonomian Desa

Baca Juga:  Serbu! Syukuran Mecca, Arief Muhammad Promo Besar-besaran Baso Aci Akang

Baca Juga: Ramalan Zodiak 9 November 2021: Ada yang Diam-diam Tertarik Dunia Film

Meski dengan hanya persenjataan minim hasil rampasan dari tentara Jepang. para pejuang di Surabaya mampu membuat pasukan Inggris kewalahan.

Baca Juga: Duh! Potensi Wisata di Kota Banjar Belum Tergarap Secara Maksimal, Ini Masalahnya

Baca Juga: DPRD Kota Bogor Minta BPBD Siaga Penuh Hadapi Bencana

Meski pertempuran Surabaya berakhir dengan kekalahan jika dilihat dari penguasaan wilayah, tetapi kemenangan Indonesia ada di sisi mentalitas perjuangan bangsa. ***