Donat Makanan yang Cocok Dikonsumsi Bersama Teh Saat Musim Hujan, Ini Tahapan Membuatnya

JABARNEWS | BANDUNG – Momen musim hujan ini tentunya paling cocok menikmati kopi serta camilan seperti donat.

Nah, untuk kalian yang mempunyai waktu luang, membuat donat untuk dijadikan cemilan saat minum kopi di musim hujan tentunya bisa kalian lakukan.

Jika kalian tertarik membuatnya, berikut beberapa cara membuat donat untuk dijadikan cemilan saat musim hujan yakni:

Baca Juga: Intensitas Hujan Tinggi, Banjir Rendam 1618 Rumah di Labuhanbatu Utara

Baca Juga: Viral Video Moeldoko Diusir Massa Aksi Kamisan, Begini Komentar Elit Partai Demokrat

Pertama. Persiapkan Bahan – Cara membuat donat yang nikmat diawali dengan mempersiapkan bahan-bahan dasar seperti tepung terigu, mentega, gula pasir, ragi instan, telur dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Ini Dia Penyebab Ginjal Rusak yang Paling Utama Menurut dr. Decsa Medika Hertanto

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Distribusi Vaksin Covid-19 di Jabar Dilakukan secara Proporsional

Baca Juga: Ridwan Kamil: Tol Menuju Pelabuhan Patimban Akan Dibangun, Tersambung dengan Cipali

Selain bahan, persiapkan juga berbagai peralatan memasak yang dibutuhkan dalam cara membuat donat, seperti mixer, wadah, loyang cetakan, dan wajan.

Kedua. Melarutkan Ragi – Salah satu kunci dalam cara membuat donat yang empuk dan mengembang adalah ragi. Bahan yang satu ini perlu dilarutkan dengan tepat.

Caranya dengan campurkan ragi instan tersebut dengan 1 sdm tepung terigu terlebih dulu. Kemudian, diikuti dengan gula dan air hangat, lalu aduk hingga rata dan larut. Jika sudah, diamkan beberapa saat hingga mengembang.

Ketiga. Membuat Adonan Utama – Ambillah wadah yang berukuran lebih besar untuk melanjutkan pembuatan adonan utama donat. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, dan kuning telur. Dalam cara membuat donat ini, kamu wajib mengaduknya sampai benar-benar rata.

Baca Juga:  Tanpa Diskon! Ini Tips Agar Omset Penjualan Stabil Saat Pandemi Covid-19

Baca Juga: Ada Bocoran Nih Soal UMK 2022 Kota Cimahi, Naik Ga Ya?

Baca Juga: Apa Benar Bulu Kucing Bisa Bikin Mandul? Ini kata dr. Clarin Hayes

Kalau sudah, tuanglah adonan ragi dan aduk lagi hingga setengah kalis. Lanjutkan cara membuat donat ini dengan menambahkan mentega leleh. Kemudian, aduk dan uleni lagi sampai teksturnya benar-benar kalis.

Baca Juga: Inilah Empat Manfaat Asam Lemak Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh Menurut dr. Saddam Ismail

Baca Juga: Minuman Sarapan Sehat Ini Cocok Dikonsumsi Saat Diet

Kempat. Diamkan Adonan Donat – Kamu harus mendiamkan adonan donat yang sudah dibuat selama 45 menit. Sebelumnya, adonan dibulatkan, lalu letakkan di dalam wadah. Tutupi wadah tersebut dengan kain dan pastikan berada di area dengan suhu ruangan normal.

Baca Juga:  Uji Coba Ganjil Genap Akan Diberlakukan di Jalan Margonda Depok, Catat Waktunya!

Jika sudah 45 menit dan adonannya terlihat mengembang, kamu bisa mengempiskannya, lalu bagi adonan tersebut ke dalam ukuran kecil. Bulatkan adonan dan tata di atas loyang yang sudah ditaburi tepung terigu sebelumnya.

Kelima. Saatnya Menggoreng Donat – Cara membuat donat yang empuk, enak, dan mengembang sudah hampir selesai. Saatnya menggoreng adonan yang sudah disiapkan. Panaskan minyak di dalam wajan atau kuali menggunakan kompor.

Baca Juga: Nama Jenderal Andika Perkasa Muncul di Bursa Pilpres 2024, Akankah Maju?

Goreng donat dengan api sedang. Dalam cara membuat donat ini, kamu hanya perlu membalik donat sekali saja, di saat permukaan donat sudah berubah jadi warna cokelat keemasan. Hindari membalik donat terlalu sering karena berpotensi membuat donat jadi keras. ***