Ternyata Ini Penyebab Listrik Rumah Mati Mendadak

JABARNEWS | BANDUNG – Listrik pastinya menjadi kebutuhan penting saat ini, Namun, ada sejumlah penyebab listrik rumah mati.

Beberapa penyebab listrik rumah mati ini sangan penting kalian ketahui. Apalagai, ketika kamu sangat bergantung dengan aliran listrik di rumah.

JaberNews.com melansir dari banyak sumber, berikut beberapa penyebab listrik rumah mati yakni:

Baca Juga: Pilkades di Dairi Ricuh, Isi Satu Kotak Surat Suara Rusak Berharmburan

Baca Juga: Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Merasa Terluka, Anggota Dewan Masuk Dalam DTKS

Pertama. Pemakaian Listrik di Rumah Terlalu Berlebihan – Kalau tiba-tiba aliran listrik rumah mati, kamu bisa melihat apakah tetangga juga mengalami hal yang sama.

Baca Juga: Mengenal Ragam Manfaat Pohon Pule Bagi Kesehatan Tubuh

Baca Juga:  Kisruh Perebutan Yayasan Ghafururrahim Sukaresmi Cianjur, Anak-anak Jadi Korban

Baca Juga: Viral! Ceramah Habib Bahar Usai Bebas dari Tahanan, Ancam Soal Ini

Jika tidak, kamu bisa melihat meteran listrik, biasanya meteran listrik memang turun lantaran pemakaian listrik melebihi daya kapasitas. Misalnya daya listrik rumah kamu adalah 2200 VA, namun kamu menyalakan seluruh peralatan elektronik secara bersamaan.

Kedua. Beban Pemakaian yang Tidak Seimbang – Masih terkait dengan penyebab listrik rumah mati yang pertama, jika sebagian jaringan listrik rumah yang mati, Maka ada beban pemakaian yang tidak seimbang sehingga salah satu MCB (Mini Circuit Breaker) turun.

Solusinya juga mudah, kamu hanya perlu menaikkan salah satu MCB, biasakan untuk membagi beban listrik secara seimbang. Biasanya saat memasang instalasi listrik, tukang listrik membagi untuk AC, mesin pompa air, dan juga lainnya.

Baca Juga:  Pengendara Motor Tewas Usai Disenggol Truk Di Sergai

Ketiga. Pemadaman Listrik Secara Berkala – Biasanya, PLN melakukan pemeliharaan secara berkala, jadi tidak usah heran kalau listrik rumah mati. Listrik rumah mati ini tidak lama, mungkin hanya berlangsung kurang dari satu jam atau bisa juga lebih.

Baca Juga: Sungai Padang Meluap, Ratusan Rumah di Tebing Tinggi Terendam Banjir, Ketinggian Air 1,5 Meter

Baca Juga: Ini Dia Faktor Peningkat Nafsu Makan Menurut dr. Saddam Ismail, Salah Satunya Emosi

Jika kamu merasa sudah cukup lama, kamu bisa menghubungi call center PLN untuk meminta informasi. Kalau ada pemadaman berkala, pastinya PLN memberitahu sebelumnya, jadi kamu tidak perlu panik, hal ini menjadi solusi.

Baca Juga:  Soal PPKM Level 3 Saat Libur Akhir Tahun, Ini Kata Ridwan Kamil

Baca Juga: Oded M Danial Apresiasi Buruh dan Pengusaha Soal UMK, Kenaikannya Rasional

Baca Juga: Sungai Padang Meluap, Ratusan Rumah di Tebing Tinggi Terendam Banjir

Keempat. Terjadi Arus Pendek – Arus pendek atau korsleting bisa saja terjadi sehingga listrik rumah mati, penyebabnya juga bermacam-macam.

Bisa terjadi lantaran instalasi listrik yang kurang bagus, kabel yang sudah tua, hingga penyebab lain seperti kabel digigit tikus. Solusinya adalah kamu harus meminta petugas PLN dan tukang listrik bersertifikat untuk mengecek dan memperbaiki. ***