Revitalisasi Kalimalang Lebih Keren Dari Teras Cikapundung Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) akan segera melakukan revitalisasi terhadap Sungai Kalimalang di Bekasi, menurut Gubernur Jabar Moch. Ridwan Kamil usai dilakukan revitalisasi nantinya sungai Kalimalang akan lebih keren dari Teras Cikapundung di Bandung.

“Jauh lebih keren dari teras cikapundung karena sungainya lebih lebar, airnya lebih stabil,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil ditemui di Gedung Sate , Kota Bandung. Senin (17/9/2018).

Gubernur yang kerap disapa kang Emil ini mengungkapkan jika timnya telah selesai melakukan survei di Sungai Kalimalang, dari hasil survei tersebut didapatkan tiga lokasi untuk dilakukannya pengerjaan revitalisasi Kalimalang.

Baca Juga:  Kukuhkan Karedok Jadi Desa Wisata, Begini Harapan Uu Ruzhanul Ulum

“Hasilnya sangat optimis dalam setahun kota bisa merubah Kali malang, nanti saya presentasi kepada wartawan,” ujarnya.

Dari ketiga lokasi tersebut diantaranya terletak di Gerbang tol Bekasi, lokasi kedua di Samping Mall Metropolitan, dan lokasi ketiga terletak disamping Universitas 45 Bekasi (UNISMA).

“Nah tiga-tiganya nanti saya tentukan mana yang paling mudah,” kata Emil.

Baca Juga:  Peduli Lingkungan, Bank bjb Gandeng Aplikasi Octopus Pengumpul Sampah

Revitalisasi Kalimalang sendiri dilakukan agar potensi yang ada di Bekasi dapat lebih tergali selain itu Emil menilai, wilayah Kalimalang memiliki keunggulan yang luar biasa sehingga harus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Semua kita fokuskan semuanya dari limbahnya kita tahan, interaksi ruang publiknya, jadi nanti jadi percontohan menjernihkan air sehingga mengembalikan ruang negatif menjadi ruang positif citra Bekasi yang tidak ada destinasi wisata akan menjadi punya,” tambahnya.

Baca Juga:  18 Nama Cawabup Bekasi

Untuk revitalisasi Kalimalang pemprov Jabar akan menganggarkan sekitar 30-50 miliar rupiah, yang akan masuk pada anggaran tahun 2019 nanti.

“Tahun depan atuh, tahun ini mah tahun mendisain merencanakan. Saya tidak tahu uangnya cukup atau tidak pokoknya mah secukupnya uang yang ada,” pungkasnya.

Selain Bekasi Emil juga akan melakukan Revitalisasi di daerah lainnya di Jabar, menurutnya semuanya akan terbagi rata. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat