Ribuan Warga Subang Antusias Ikuti Pawai Obor

JABARNEWS | SUBANG – Ribuan warga di Subang, Jawa Barat turun ke jalan mengikuti pawai obor untuk menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1440 Hijriyah, Senin (10/9/2019) malam.

Pawai obor tersebut dilaksanakan mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, Peserta pawai obor didominasi anak-anak, remaja dan pemuda.

Pantauan jabarnews.com di desa Tambakan, Kecamatan Jalancagak, Subang Senin (10/9) malam, warga terlihat antusias menyambut kedatangan pawai obor, mereka berdiri di depan rumah untuk menyaksikan peserta pawai obor.

Kegiatan yang dimotori Pemerintah Desa Tambakan dan Dewan Kemakmur Masjid (DKM), karang taruna desa dan pengurus RW ini berlangsung meriah dan semarak. Ribuan warga terdiri dari bapak-bapak, ibu-ibu, remaja dan anak-anak antusias membawa obor sambil menyanyikan lagu-lagu bernafaskan Islami.

Baca Juga:  Ulang Tahun ke-40, Syahrini Dapat Ucapan Romantis dari Reino Barack

Selain kobaran obor, beberapa kesenian pun ditampilkan, seperti marawis, hadroh dan rebana ibu-ibu. Rombongan pawai obor pun mengular mengelilingi areal perumahan dan jalan protokol dan ke jalan-jalan pemukiman.

“Semarak tahun baru Islam saat ini memang lebih terasa, karena remaja dan bapak-bapak membaur. Ini juga sebagai upaya memperkenalkan pada pemuda bawa umat Islam pun punta tahun baru,” ujar Ketua Pelaksana kegiatan, Asep Hidayat seraya mengatakan selain pawai obor juga digelar istigosah dan tabligh akbar .

Baca Juga:  Pernah Rasakan Covid-19, Anies Baswedan Serukan Donor Plasma Darah

Hal sama dilakukan di Desa/Kecamatan jalancagak. Kepala Desa (Kades) Jalancagak Dadang Suhendi mengatakan, kegiatan pawai obor merupakan tradisi tahunan di Subang.

Selepas menunaikan salat Isya, warga bergerak dari perkampungan masing-masing menuju ke titik pusat acara yakni di Alun-alun Kecamatan Jalancagak, di kawal pihak kepolisian.

Kata Dadang, bulan Muharam merupakan awal dari umat Islam untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Selain itu, pawai ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur dan partisipasi dalam merayakan tahun baru Islam.

Baca Juga:  Enam Penyakit Hewan Ini Wajib Diketahui Sebelum Memelihara Kucing

“Dengan bergantinya tahun ini, saya berharap ada perubahan yang lebih baik, baik bagi warga Subang ke depannya,” pungkasnya.

Kapolsek Jalancagak , Kompol Mashar Junaidi, mengatakan pellakasanakan pawai obor menyambut tahun baru Islam ini berjalan aman, dan lancar.

“Ya, saya sangat terkesan, antusiasme masyarakat menyambut datangnya 1 Muharam ini begitu tinggi, sehingga membuat arus lalulintas tersendat. Alhamdulillah pelaksanaan pawai taaruf ini berjalan lancar dan kondusif,” pungkasnya. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat