Robot Halang Rintang, Hasil Karya Pelajar SMAN 1 Cibatu

JABARNEWS | PURWAKARTA – SMA Negeri 1 Cibatu Kabupaten Purwakarta akan mengembangkan robot temuannya. Pasalnya, robot hasil karya siswanya itu masuk ranking 10 besar pada lomba robot Avoider Wallfollower tingkat Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan polytechnic enjinering Indorama.

Robot temuan SMAN 1 Cibatu tersebut adalah jenis robot Avoider Wallfollower atau robot halang rintang, yang mampu secara otomatis berhenti, apabila mendapat penghalang.

Kepala SMAN 1 Cibatu Asep Sundu Mulyana menambahkan, dengan temuan sensor otomatis karya siswa dan telah masuk peringkat 10 besar dari 42 peserta tingkat SLTA se-Jawa Barat, berharap bisa dikembangkan dan bisa digunakan sehari-hari.

Baca Juga:  Marak Skimming, BRI Harus Segera Migrasi Ke Chip

“Karena robotik tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan industri atau troli pengangkut barang, apabila dibuat dengan dimensi serta didesain dengan ukuran lebih besar lagi,” ujar Asep Sundu, Selasa (8/1/2019).

Menurut Asep, meskipun anak didiknya berasal dari kecamatan, namun mereka mampu dan bisa bersaing ditingkat Jawa Barat khususnya dalam robotik.

Robotik di SMAN 1 sendiri kata ia, telah dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir dengan tenaga pembimbing di sekolah tersebut, dengan tujuan agar para pelajar dapat mengenal IT dan teknologi sejak dini.

Baca Juga:  Legok Nangka Siap Proses Sampah Jadi Energi Listrik

Bahkan, pelajaran robotik di SMAN 1 Cibatu telah dimasukkan pada program ekstrakurikuler, sehingga ke depan lulusanya dapat memiliki skill robotika dan elektronika. Sebab, seiring dengan perkembangan jaman bahwa perusahaan akan menggantikan manusia bekerja dengan menggunakan mesin.

“Ke depan teknologi para pelajar harus mampu berkompetisi dan bersaing secara nasional, setelah itu mereka dipersiapkan untuk mampu bersaing teknologi secara global,” kata Asep.

Baca Juga:  Link Program Bantuan Pendidikan Masuk SD hingga SMA, Termasuk Madrasah Swasta

Sementara, salah satu guru pembimbing pembuat robot SMAN 1 Cibatu Hernanda Najmudin mengatakan, bahwa hasil karya robotik tersebut tidak saja bisa dibuat dan ditemukan SMK saja. “Namun, pelajar SMA juga bisa dan membuktikanya dengan memenangkan perlombaan robot Avoider, sehingga para pelajar tersebut bisa menambah skill seperti di SMK,” ujarnya. (Nto)

Jabarnews | Berita Jawa Barat