Saat Desa Di Purwakarta Kembangkan Inovasi, Inilah Runutan Ceritanya

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dengan tema Dari Desa, Kita Tingkatkan Keekonomian Warga, Tim Program Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta gelar Replikasi Inovasi yang dilaksanakan di Aula Desa Cadasmekar, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta.

Ketua TPID Kecamatan Tegalwaru, Deden Abdullah, menjelaskan, rangkaian kegiatan Inovasi Desa ini merupakan sebagai bentuk tindak lanjut dari bursa Inovasi Desa yang sebelumnya telah dilaksanakan.

Baca Juga:  Kabupaten Purwakarta Butuh TPSS yang Layak

“Tujuannya agar Desa lebih memahami kegiatan yang dipilih dalam menu bursa Inovasi Desa yang tertuang dalam kartu komitmen. Selain itu, diharapkan desa bisa memasukkan kegiatan yang dipilih dalam APBDes Tahun 2019,” ujarnya, Selasa (8/1/2019).

Dari langkah awal inilah, lanjut Deden, desa diharapkan mampu mengembangkan inovasi yang akan dibangun yakni sarana olah raga (sorga) yang nantinya dapat dikelola oleh BUMDes dan dapat menghidupkan perekonomian warga sekitar.

Baca Juga:  BSSN: Smartphone Pancarkan Gelombang yang Bisa Rusak DNA

“Kami akan mengawal komitmen desa dalam membangun sorga desa di tahun anggaran 2019 ini. Sehingga dapat terlaksana sesuai dengan perencanaan dan diharapkan nantinya BUMDes berperan aktif dalam pengelolaan sorga tersebut,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Desa Cadasmekar, Uci Sanusi, menuturkan, sorga tersebut sudah dianggarkan di tahun 2019 ini menggunakan dana desa.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Aries, Taurus dan Gemini: Utamakan Kualitas Dibanding Kuantitas

“Nantinya sorga tersebut dikelola sepenuhnya oleh BUMDes,” ucapnya.

Diketahui, sebelum melaksanakan kegiatan replikasi ini, TPID Kecamatan tegalwaru sudah melakukan capturing di tiga Desa, yakni Desa Sukahaji dengan BUMDes Pegadaiannya, Desa Cadassari dengan pengelolaan bank sampah, dan Desa Sukamulya dengan seni ukirnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat