Sederet Fakta Tentang Minum Kopi, Benarkah Bikin Susah Tidur hingga Sebabkan Sakit Jantung?

Ilustrasi minum kopi dan dampaknya bagi kesehatan
Ilustrasi minum kopi dan dampaknya bagi kesehatan. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Minum kopi seperti sudah membudaya di tengah masyarakat Indonesia. Hampir setiap hari minum kopi banyak dilakukan. Terutama pada pagi hari dan malam hari. Namun di balik itu, terdapat sejumlah mitos dikatikan dengan dampak minum kopi bagi kesehatan.

Beberapa pendapat menyebutkan minum kopi bisa membuat susah tidur hingga bisa menyebabkan sakit jantung. Benarkan demikian? Padahal anggapan itu belum tentu benar.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Libra, Scorpio dan Sagittarius: Ada Banyak Perkara yang Tampak Kabur di Mata Anda

Berikut sejumlah fakta mengenai minum kopi yang dilansir Halodoc Indonesia;

Kopi bikin susah tidur?

Pendapat ini memang tidak sepenuhnya salah. Jika Anda meminum kopi pada pagi hari, tentu saja hal ini tidak akan berpengaruh pada jam tidur pada malam hari.

Baca Juga:  Jantung Sering Berdebar Tanpa Alasan, Waspadai Penyakit Ini

Akan tetapi jika minum kopi dilakukan pada malam hari, tepatnya sebelum tidur, sudah pasti efeknya bisa membuat lebih waspada ngatasi rasa ngantuk alias susah cepat tidur.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Capricorn, Aquarius dan Pisces: Hati-hati Dengan Ucapan Anda

Kopi bahaya buat kehamilan?

Selama ini tidak ada sumber pasti yang menyebutkan hubungan antara jumlah kafein yang rendah dengan keguguran/cacat hamil. Namun demikian, bagi ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi. Hal ini dikhawatirkan bisa menghalangi proses penyerapan zat besi yang penting buat bayi.