Sekda Kota Bekasi Diprediksi Kosong 4 Bulan

JABARNEWS | KOTA BEKASI – Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bekasi bakal kosong selama empat bulan. Pasalnya, Sekda Kota Bekasi saat ini, Rayendra Sukarmadji, bakal memasuki masa pensiun pada 1 Agustus 2018.

Diketahui, pengganti Rayendra harus menunggu pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi terpilih 2018-2023 pada 20 September mendatang. Setelah itu, pemerintah daerah akan melakukan lelang jabatan (open bidding) selama tiga bulan di kalangan aparatur eselon II untuk memperebutkan kursi Sekda.

“Sekda definitif akan ditentukan oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih periode 2018-2023,” kata Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Bekasi, Dwi Andyarini, dikutip Warta Kota, Senin (23/7/2018).

Baca Juga:  Seribuan Kendaraan Pemudik Diputar Balik di Majalengka, Mayoritas Mobil Pribadi

Dwi mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi kekosongan itu dengan menyeleksi Pelaksana tugas (Plt) Sekda Kota Bekasi. Pemilihan Plt Sekda Kota Bekasi hanya bisa diikuti oleh aparatur eselon II melalui proses Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT). Itu mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Penunjukan Plt Sekda Kota Bekasi nantinya hasil dari usulan yang diajukan Pemkot Bekasi kepada Pemprov Jawa Barat,” ujarnya.

Baca Juga:  Tangkal Miras, Maman Siap Bangun Gedung Seni

Rayendra Sukarmadji menjadi Sekda Kota Bekasi lebih dari enam tahun sejak Februari 2012. Pengangkatannya tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat nomor 133/Kep272-BKD/2012 yang diterbitkan pada 14 Februari 2012.

Proses pemilihan Rayendra menjadi Sekda juga cukup panjang. Saat itu, dia mampu mengalahkan 10 kandidat lainnya untuk mendapatkan posisi tertinggi di kalangan aparatur setempat.

Selain aparatur senior, penunjukkan Sekda pada umumnya juga mempertimbangkan rekam jejaknya (track record) di kalangan pemerintahan.

Biasanya posisi Sekda ditempati oleh pegawai senior dan pernah menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Baca Juga:  Harga Tiket Konser Syahrini Tembus Angka Rp 25 Juta

Seperti halnya Rayendra Sukarmadji dan Tjandra Utama Effendi, mantan Sekda Kota Bekasi sebelumnya yang pernah mengemban posisi Kepala Bappeda.

Posisi Kepala Bappeda dianggap strategis karena mampu menguasai perencanaan yang ada di daerah. Ada beberapa aparatur senior yang pernah menjabat sebagai Kepala Bappeda.

Di antaranya Jumhana Luthfi yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Bekasi. Kemudian Dadang Hidayat yang kini menjadi Asisten Daerah III Kota Bekasi. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat