Penetapan Hari Raya Idul Adha Menurut Muhammadiyah dan Pemerintah

Petugas memantau hilal untuk menentukan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG –  Sebentar lagi Hari Raya Idul Adha tiba. Seperti halnya Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha pun menjadi momen yang selalu dinanti umat muslim di seluruh dunia.

Bertepatan di hari raya Idul Adha, ribuan umat muslim melaksanakan ibadah haji dan ibadah qurban. Pemerintah pun mengakui hari suci kedua umat Islam ini dengan menjadikannya hari libur nasional.

Baca Juga:  Ribuan Jemaah Aboge Rayakan Hari Raya Idul Adha Hari Ini

Lalu kapan waktunya hari raya Idul Adha tersebut?

Pada dasarnya, hari istimewa yang kerap disebut lebaran haji ini jatuh setiap tanggal 10 Zulhijah tahun Hijriyah. Namun di Indonesia, karena adanya perbedaan cara penghitungan tahun kalender, penetapan waktu hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha dimungkinkan berbeda.

Baca Juga:  Putusan Pengadilan Akan Menentukan Status Dua ASN Dishub Purwakarta

Misalnya Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Salah satu ormas terbesar di Indonesia ini jauh-jauh hari telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 2022 jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Baca Juga:  Hadiri Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48, Ridwan Kamil: Kami Selalu Dukung Islam Berkemajuan

Ketetapan Muhammadiyah dalam menentukan hari raya Idul Adha tersebut tertuang dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor: 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H.