Setiap Tanggal 1 Siswa Dilarang Bawa Uang Jajan

JABARNEWS | SIAK – Di sekolah ini setiap tanggal 1, mewajibkan orang tua murid untuk memasak masakan kesukaan anaknya. Itu karena Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Buantan Lestari Bungaraya, Kabupaten Siak, Riau memberlakukan Hari tanpa Uang Jajan.

“Setiap tanggal 1 kami tidak memperbolehkan anak-anak untuk jajan dan harus membawa bekal dari rumah,” ujar Kepala Sekolah SDN 01 Buantan Lestari Bungaraya, Kabupaten Siak, Mohammad Winto usai pencanangan kampanye imunisasi vaksin MR, Rabu (1/8/2018).

Baca Juga:  Benarkah Ustadz Maaher Meninggal Karena Disuntik Sinovac? Ini Faktanya

Dikutip dari republika.co.id. Penetapan Hari tanpa Uang Jajan tersebut bertujuan agar orang tua meluangkan waktu untuk memasak dan membungkuskan bekal anaknya ke sekolah. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mengajari siswa-siswi bersifat hemat.

“Hari tanpa uang jajan ini disambut baik oleh orang tua siswa dan hampir seluruh murid membawa bekal dari rumah,” ujarnya.

Baca Juga:  Kasus Dugaan Penipuan David Noah Sudah Selesai, Ini Kata Kuasa Hukum

Winto menjelaskan, ide penetapan Hari tanpa Uang Jajan muncul karena ia sering melihat anak-anak belanja sebelum jam pelajaran mulai, diperhatikannya banyak siswa tidak sarapan di rumah.

Selain menetapkan Hari Tanpa Uang Jajan, SDN 01 Buantan Lestari juga menerapkan beberapa peraturan kepada pedagang yang berjualan di kantin sekolah. Pedagang tidak diperbolehkan menjual makanan dan minuman menggunakan kemasan plastik.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Scorpio, Sagitarius dan Capricon: Hal-hal Tak Terduga Akan Terjadi Dalam Hidup Anda Saat Ini

Penjual juga harus menawarkan dagangan yang beragam. Di sana, ada yang menjual nasi goreng, lontong, dan nasi uduk. Hal itu dilakukan agar makanannya beragam sesuai selera anak-anak. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat