Sistem MLFF segera Gantikan e-Toll untuk Pembayaran Jalan Tol

T
Kondisi jalan tol saat arus mudik Lebaran. (foto: istimewewa)

JABARNEWS | JAKARTA – Pemerintah berencana mengganti sistem pembayaran jalan tol dari e-toll menjadi sistem multi lane free flow (MLFF). Apa itu sistem MLFF?

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, sistem MLFF akan lebih memudahkan pengendara dalam membayar tol yang saat ini masih menggunakan sistem e-Toll.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Selasa 29 November 2022

Dengan menggunakan siste MLFF, kata Heru, pengendara tidak perlu berhenti di gerbang tol saat membayar tol. Sebab, sistem MLFF ini menggunakan Global Navigation Satellite System (GNSS) pada aplikasi khusus jalan tol di smartphone.

Selanjutnya, lanjut Heru, GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di sistem utama. Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

Baca Juga:  Begini Trik Perawatan Murah Untuk Wajah Dan Tubuh

Sementara itu Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan, pihaknya akan mengenalkan pembayaran nontunai nirsentuh multi lane free flow (MLFF) pada akhir tahun ini.

Baca Juga:  Indonesia Bakal Kirim Atlet Mobile Legends

“Implementasi sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow di jalan tol (Sistem MLFF) akan dilakukan secara bertahap di beberapa ruas tol,” ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (19/5/2022).