Tak Perlu Khawatir Kolesterol Naik Karena Konsumsi Daging Saat Iduladha, Ini Tipsnya

Proses pembuatan sate Maranggi kaleng yang dibuat Lina Herlina, pemilik Warung Sasate Maranggi. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | BANDUNG – Sajian masakan berbahan dasar daging pada saat Hari Raya Iduladha pastinya akan melimpah ruah. Nah, namun hati-hati dengan konsumsi daging berlebih. Pasalnya bisa menyebabkan kolesetrol naik.

Subkoordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr. Intan Annisa Fatmawaty mengatakan, selain dari makanan, kolesterol juga sebenarnya diproduksi dalam tubuh kita.

“Kalau ada yang kolesterolnya tinggi, itu bisa diakibatkan karena adanya gangguan metabolisme dalam tubuh atau memang asupan makanannya mengandung kolesterol tinggi terlalu banyak,” katanya pada Jumat (8/7/2022).

Baca Juga:  Lab Intibios di Kota Bandung Bantu Masyarakat Deteksi Penyakit Sejak Dini

Faktor naiknya kolesterol memang diakibatkan dari makanan. Biasanya makanan dari daging yang mengandung banyak lemak serta bahan olahannya yang menggunakan santan dan minyak berlebih, diakui Intan menjadi faktor kolesterol kerap naik saat Iduladha.

“Kalau memang punya kolesterol atau tidak ingin kolesterolnya meningkat, bisa konsumsi bagian daging tertentu seperti daging has. Dari proses pengolahan juga bisa dicari alternatif memasak dengan cara lain,” ungkapnya.