SMK Taruna Sakti Dididik Yonarmed 9 Pasopati Kostrad

JABARNEWS | PURWAKARTA – Biasanya pendidikan ala militer diwajibkan di SMK dengan bidang keahlian penerbangan dan pelayaran. Namun di SMK Taruna Sakti Purwakarta yang punya program keahlian broadcasting, Teknik Kendaraan ringan, hingga Teknik mesin dan akutansi, pelatihan ala militer menjadi sarana pendidikan karakter.

Kepala SMK Taruna Sakti Purwakarta, Yayang Gilang Sonjaya mengatakan, masa bimbingan taruna (Mabintar) dilaksanakan bagi siswa baru selama sepekan di Bataliyon Armed 9 Pasopati Kostrad. Program ini untuk membentuk karakter siswa yang tangguh dan cinta bangsa untuk mendukung pendidikan nasional.

Baca Juga:  Jalur Wisata Subang Banyak Sampah

“Masa Bimbingan Taruna ini ternyata juga disukai dunia usaha. Sebab, anak-anak jadi terbangun kedisplinan dan tanggung jawab. Makanya, pendidikan taruna wajib bagi siswa yang baru masuk ke SMK Taruna Sakti Purwakarta,” ujarnya, saat ditemu usai pembukaan Mabintar Angkatan ke 4 di Markas Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad Purwakarta, Senin (23/7/2018).

Intinya, para taruna ini akan menjadi siswa yang bertakwa, disiplin, bertanggung jawab, selalu gigih mencapai kompetensi, mengormati guru dan orang tua, hingga cinta bangsa dan negara RI.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi: Percepatan Munas Golkar Bukan Hal Mendesak

“Nilai-nilai yang ditanamkan pada siswa selama mengikuti pendidikan ketarunaan harus terus diamalkan. Kami yakin, pendidikan ketarunaan ini memberi bekal pendidikan karakter yang berguna buat siswa di sekolah maupun di dunia kerja nanti,” kata pria yang akarab disapa Gilang itu.

Sementara Wadanyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor, Arm. Gerry Herlambang mengatakan, kegiatan ini bertujuan menanamkan wawasan kebangsaan kepada peserta agar tertanam jiwa nasionalisme dan patriotisme serta timbul kesadaran mereka sebagai generasi penerus bangsa.

Baca Juga:  Pesta Sabu Di Rumah Kosong, Empat Warga Pematangsiantar Ditangkap

“Dalam kegiatan ini kita juga meningkatkan sikap, mental dan kedisiplinan serta keimanan atau ketakwaan para peserta sebagai bekal dalam menjalankan kehidupan sehari hari,” katanya

Acara pembukaan Mabintar terasa haru saat perwakilan taruna disematkan Tanda Ikut kesertaan yang disematkan langsung oleh Wadanyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Gerry Herlambang yang didampingi Kasi Intel, Kapten Arm Setia Senjaya dan kepala SMK Taruna Sakti Purwakarta, Yayang Gilang Sonjaya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat