Ternyata Inilah Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Blewah

JABARNEWS | BANDUNG – Setiap bulan puasa ramadan tiba, buah blewah memang selalu menjadi primadona untuk makanan saat berbuka puasa. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah yang satu ini ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan seseorang.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), buah berwarna kuning ini memiliki keunggulan seperti berikut:

Sumber Vitamin A

Buah blewah menyimpan karotenoid yang merupakan pigmen organik. Zat tersebut paling sering ditemukan pada buah-buahan berwarna cerah seperti jeruk, blewah, wortel hingga melon. Karotenoid adalah sumber vitamin A terbaik yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas, membantu memperbaiki sel yang rusak, menjaga kesehatan mata dan memperkebal sistem imun tubuh.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Harian Leo, Ini Akan Menjadi Hari yang Menyenangkan Bagimu

Sumber Vitamin C

Menurut USDA, dengan mengonsumsi satu potong blewah setiap hari, maka mampu menambah produksi vitamin C di dalam tubuh. Vitamin C sangat baik membantu produksi kolagen, memperlancar pembuluh darah, memperkuat tulang rawan dan otot. Disamping itu, vitamin C pun dapat menangkal segala radikal bebas penyebab kanker, asma dan juga diabetes.

Menyimpan Asam Folat

Folat sering disebut sebagai vitamin B-9 yang sangat baik mencegah kecacatan tabung saraf pada bayi sejak lahir. Selain itu, folat berfungsi mencegah terjadinya kanker, penurunan tingkat memori seseorang dan mencegah penuaan. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi folat yang tinggi untuk memperkuat janin dan pembentukan tulangnya selama berada dalam rahim.

Baca Juga:  5 Game Buatan Indonesia yang Mendunia

Kaya Akan Mineral

Blewah memiliki hampir 90% mineral di dalam tubuh seseorang. Maka dengan mengkonsumsi blewah setelah berbuka puasa sangatlah bermanfaat untuk membantu tubuh agar dapat terhindar dari dehidrasi akibat berpuasa. Selain itu, rasanya yang manis dapat mempercepat kenaikan gula darah pada titik normal. Namun, pastikan Anda tidak mengkonsumsinya dengan tambahan pemanis seperti gula ataupun susu.

Baca Juga:  DPRD Purwakarta Datangi Distarkim

Nah, itulah tadi beberapa manfaat dari buah blewah yang ternyata menyimpan banyak manfaat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Glitzmedia.co

Jabarnews | Berita Jawa Barat