Tiga Nasihat Ibu ini Menjadi Pegangan Emil Menjadi Pemimpin

JABARNEWS | BANDUNG – Pepatah bijak mengatakan “Ada wanita hebat dibalik kesuksesan seorang pria”, hal tersebut ternyata berlaku juga untuk Mochamad Ridwan Kamil yang kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat di usianya yang relatif masih muda.

Tentunya selain dukungan yang diberikan oleh sang Istri, terdapat sosok wanita luar biasa lainya di balik kesuksesan pria kelahiran Bandung, 4 Oktober 47 tahun silam ini, nyatanya Emil sapaan Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa dalam menjalankan tugasnya saat ini dirinya selalu mengingat tiga pesan yang diberikan oleh sang Ibunda tercinta Tjutju Sukaesih .

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Untuk Pemilik Rasi Bintang Virgo, Libra dan Scorpio

“Ia tiga nasihat ibu saya mah yang selalu dipegang adalah jadi pemimpin harus sabar karena bagaimanapun itu resiko seorang pemimpin yang memang mengurusi sejuta masalah,” ujar Emil saat ditemui di Gedung Sate, Bandung. Sabtu (22/12/2018).

Emil mengaku selalu mengingat pesan sang ibu khususnya dalam menjalankan tugasnya saat ini sebagai pemimpin, diantaranya adalah agar selalu bersabar, tidak sombong, selalu rendah hati bahwa ini hanya sementara dari Allah swt, dan tidak lalai dalam beribadah.

Baca Juga:  Kaget Bukan Main dengan Kebiasaan Makan Agung Nugraha, Kiki Amalia Sampai Geleng Kepala

“ketiga nasihat khas ibu, jangan lalai beribadah itu saya pegang setiap saat, Yah selamat hari ibu untuk kamum perempuan dan para ibu dimanapun berada, khususnya untuk ibu kandung saya juga yah sebagai anak ibu adalah guru pertama dan guru abadi bagi kita anak-anaknya” ungkapnya.

Selian itu ditengah kesibukannya sebagai Gubernur, Emil mengaku selalu menyempatkan diri untuk menghabiskan waktunya bersama sang Ibunda tercinta.

“Ya kalau ibu kandung sudah memanggil apapun berhentikan karena ibu ini mewakili ibu-ibu yang anaknya sudah gede-gede. Suka ada kerinduan kesepian kan sementara kami anaknya 5 sudah berkeluarga semua sudah pindah tempat kita pahamilah secara kemanusiaan ada kerinduan yang paling deket di panggil yah Gubernur karena rumahnya di Cigadung,” ujarnya.

Baca Juga:  Jarang Disadari Ini Gejala Awal Kanker Prostat Pada Pria

Saat disinggung apakah dirinya pernah dimarahi oleh Ibunya, Emil mengatakan bahwa marahnya sang ibu merupakan bentuk kasih sayang.”Jadi saya enggak pernah menyebut marah itu mah kanyaah we,” pungkas Emil. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat