Unpad Wisuda 1.945 Lulusan

JABARNEWS | BANDUNG – Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Tri Hanggono Achmad, melantik 1.945 wisudawan pada Wisuda Lulusan Gelombang III Tahun Akademik 2017/2018 di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jumat dan Sabtu (4-5/5/2018). Wisudawan terdiri dari lulusan Program Diploma III, Program Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister, dan Program Doktor.

Rektor Unpad berharap lulusan Unpad memiliki kualitas 3 H, yaitu Head, Heart, dan Hands. Para lulusan diharapkan dapat menggunakan kekuatan akademik di mana pun ia berkarya (Head), memiliki kepekaan terhadap masalah sosial di masyarakat, memiliki integritas yang kuat (Heart), dan memiliki keterampilan yang unggul di bidang ilmunya masing-masing (Hands).

“Jika ketiga aspek itu sudah dimiliki, dimana pun kalian berkarya akan senantiasa membawa dampak positif baik untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan bangsa,” katanya.

Baca Juga:  Jika Kalian Terkena Air Keras, dr. Saddam Ismail: Begini Cara Pertolongan Pertamanya

Selanjutnya Tri Hanggono menuturkan, membumikan perguruan tinggi tidak hanya berbicara tentang peningkatan kualitas pendidikan, namun juga harus membicarakan peningkatan akses pendidikan tinggi secara merata untuk seluruh anak bangsa. Data terkini Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menunjukkan, Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi Indonesia masih mencapai angka 31,5% dengan rata-rata peningkatan APK 0,5% pertahun.

“Untuk dapat mempercepat kenaikan angka APK diperlukan langkah-langkah strategis yang dilakukan oleh perguruan tinggi. Unpad pun telah melakukan beberapa langkah strategis, di antaranya adalah melalui program ‘Unpad Nyaah ka Jabar’, Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU), dan Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ),” katanya.

Baca Juga:  Awalnya Minder, Kini Pemilik Nama Agus Patut Berbangga

Pada kesempatan tersebut, secara khusus Rektor mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang lulus dengan predikat terbaik untuk masing-masing jenjang.

Wisudawan terbaik Program Doktor diraih oleh AV Rahajeng Widyasih dari Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, wisudawan terbaik Program Magister diraih oleh Indrawan Dwisetya Suhendi dari Program Studi Sastra Fakultas Ilmu Budaya, dan wisudawan terbaik Program Spesialis diraih oleh Elfira Megasari dari Program Studi Konservasi Gigi Fakultas Kedokteran Gigi.

Selanjutnya, wisudawan terbaik Program Profesi diraih oleh Monica Andreas dari Program Studi Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Gigi, wisudawan terbaik Program Sarjana diraih oleh Risa Rosalina dari Program Studi Sastra Perancis Fakultas Ilmu Budaya, dan wisudawan terbaik Program Diploma diraih oleh Nadya Hanifar dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Baca Juga:  Jawa Barat Posisi Kedua, Berikut 10 Besar Provinsi Siswanya Terbanyak Diterima SBMPTN 2022

Sementara itu, wisudawan tertua adalah Edward Syah Pernong dari Program Magister, yang lulus pada usia 62 tahun 11 bulan 2 hari dari Program Studi Hukum Fakultas Hukum. Wisudawan termuda adalah Yan Yan Yasirulhaq dari Program Sarjana yang lulus Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran pada usia 19 tahun 10 bulan 11 hari. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat