Waspada! Ini Penyakit Berbahaya Bergejala Kesemutan Dibagian Tangan

JABARNEWS | BANDUNG – Banyak dari kalian yang menyepelekan kesemutan, tapi tahukah kalian bahwa sering terjadi kesemutan pada tangan merupakan salah satu gejala dari penyakit berbahaya.

Kesemutan pada tangan yang berlangsung sementara biasanya disebabkan oleh adanya tekanan pada tangan. Dengan menghilangkan tekanan tersebut, kesemutan berangsur hilang. 

Namun, jika kesemutan tidak kunjung hilang, maka hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengetahui penyebabnya. Tanpa mengobati penyebab utama, sulit untuk menghilangkan gangguan ini.

Oleh sebab itu, dilansir dari beberapa sumber. Berikut beberapa penyakit serius yang memiliki gejala kesemutan pada bagian tangan. Diantaranya:

Baca Juga:  Penumpang Bus Mudik Lebaran Diprediksi Turun 5 %

Pertama. Carpal tunnel syndrome (CTS) – Salah satu penyebab tangan kanan kesemutan kronis adalah carpal tunnel syndrome  atau sindrom terowongan karpal. Kondisi seperti ini merupakan salah satu jenis kerusakan pada bagian saraf yang disebabkan oleh tekanan berulang dan iritasi saraf medianus pada tangan.

Kedua. Rheumatoid arthritis – Rheumatoid arthritis pada tangan dapat menimbulkan gejala-gejala seperti CTS, salah satunya yaitu kesemutan pada bagian tangan dan pergelangan tangan. Sensasi tangan kesemutan ini biasanya kian mengganggu terutama di malam tiba.

Baca Juga:  Horeee THR PNS Naik, Sekda: Tingkatkan Kinerja!

Ketiga. Diabetes – Tangan kesemutan kronis juga bisa terjadi jika pembuluh darah kecil terganggu, jika yang rusak adalah pembuluh darah yang memasok saraf di jari tangan. Kalian bisa merasa kesemutan, sakit, atau mati rasa. Hal tersebut dapat menimpa para penderita diabetes. 

Keempat. Stroke – Kesemutan bisa jadi tanda awal dari penyakit serius, salah satunya stroke. Namun pada stroke, gejala tangan kesemutan ini tidak timbul sendiri melainkan ada beberapa gejala lainnya, seperti kelemahan pada satu bagian sisi badan, sulit bicara, nyeri kepala, bingung, atau kurang keseimbangan.

Baca Juga:  Surat Dodi Ferdiansyah: Agar Club Motor Berdamai Dan Jauhi Narkoba

Kelima. Kerusakan Saraf – Tangan kesemutan bisa juga disebabkan oleh kerusakan saraf. Penyebab kerusakan saraf pada tangan bisa terjadi karena infeksi, cedera, atau penggunaan tangan secara berlebihan. 

Misalnya jika seseorang dalam pekerjaannya secara teratur mengoperasikan mesin yang bergetar, maka tangannya akan mengalami kerusakan saraf dan mengakibatkan kesemutan.

Penulis: Muhammad Amaludin