Waspada, Telinga Pun Dapat Terkena Kanker

JABARNEWS | BANDUNG – Kanker menjadi salah satu penyakit yang ditakuti oleh setiap orang, karena penyakit ini dapat membunuh secara diam-diam. Sel kanker mampu menyebar di seluruh bagian tubuh, maka tak mengherankan bahwa telinga pun dapat terkena kanker.

Meski penyakit ini terbilang langka, kanker telinga bisa saja terjadi dan paling sering berkembang di lapisan luar kulit. Kemudian akan mempengaruhi salah satu dari tiga bagian telinga yaitu telinga bagian dalam, tengah, maupun luar.

Ada beberapa gejala yang dapat menunjukkan kanker telinga ini, dan salah satunya adalah munculnya benjolan merah muda di bagian luar telinga dengan permukaan bersisik yang keras. Kemudian diikuti dengan rasa nyeri di bagian tengah telinga dan benjolan tersebut sering mengeluarkan darah.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 14 Juli 2022: Aries, Taurus dan Gemini

Rasa sakit dalam telinga, sakit kepala, dan gangguan pendengaran lainnya sebaiknya tidak anda sepelekan. Satu-satunya cara untuk mengonfirmasi kanker adalah dengan mengambil sejumlah kecil jaringan (biopsi) dari area abnormal telinga dan kemudian diperiksa di bawah mikroskop.

Dokter tidak mengambil biopsi di telinga bagian dalam karena selain sulit dijangkau, juga dapat menimbulkan masalah di struktur lain di sekitarnya. Untuk area ini, dokter akan melakukan diagnosa dengan menggunakan scan MRI atau CT scan.

Ada banyak perawatan yang bisa dilakukan untuk mengobati kanker telinga seperti operasi, radioterapi, atau kemoterapi. Pembedahan pun mungkin akan dilakukan dalam pembuangan saluran telinga sepenuhnya.

Baca Juga:  Ratusan Siswa SD Se-Purwakarta Ramaikan Spenti Cup SMPN 3

Adapun gejala-gejala perlu anda ketahui, diantaranya:

Munculnya Kista Dermoid

Kista dermoid adalah benjolan yang berisi cairan yang terjadi karena adanya sumbatan pada saluran keringat di atas belakang daun telinga.

Munculnya Kista Kelenjar keringat

Kista pun terjadi akibat sumbatan kelenjar keringat di daun telinga. Pembedahan total harus dilakukan untuk dapat menghilangkan kista ini.

Munculnya Kista Sinus Preaurikula

Terjadinya sumbatan pada sinus dan berkembang menjadi kista, yaitu benjolan yang berisi cairan yang terbentuk pada preaurikula. Gejala yang dapat dirasakan adalah timbulnya rasa nyeri, terasa panas serta timbul warna kemerahan pada daun telinga.

Baca Juga:  Pelantikan DPRD Kota Bandung Diwarnai Aksi Unjuk Rasa

Perlu anda ketahui, berbicara dalam telepon dalam durasi yang lama pun rupanya dapat menyebabkan kanker. Untuk mencegahnya, anda dapat menggunakan headset. Meskipun begitu, anda harus tetap membatasi volume saat mendengarkan melalui headset agar tidak merusak gendang telinga anda. Selain itu, jangan terlalu sering atau terlalu lama menggunakan headset demi terhindar dari beberapa masalah pendengaran pada telinga. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari merdeka.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat