bjb

Polres Purwakarta Gelar Lomba PKS Minimalisir Pelanggaran Pelajar

Pembukaan lomba Patroli Keamanan Sekolah di Mapolres Purwakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Berbagai upaya terus dilakukan oleh Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Purwakarta dalam menciptakan Kamseltibcarlantas di Kabupaten Purwakarta. Salah satunya dengan menggelar lomba PKS tingkat SMP/MTs yang di gelar di lapangan Mapolres Purwakarta, pada Kamis (10/10/2019).

Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius, melalui kasat lantas, AKP Ricky Adipratama mengatakan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) adalah suatu organisasi dan salah satu jenis kegiatan ekstrakulikuler yang merupakan wadah dari pertisipasi para pelajar yang berminat dalam bidang lalu- lintas.

Menurutnya, lomba PKS tingkat SMP/MTs se Kabupaten Purwakarta ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara dini latihan baris berbaris, kedisiplinan, kekompakan, terutama gerakan-gerakan pengaturan lalu lintas, yang biasanya di terapkan di lingkungan sekolah serta untuk membentuk karakter dan mental para pelajar, membantu tugas polisi patroli dalam pengaturan lalulintas di lingkungan sekolah, dan juga membantu kepala sekolah atau guru ditempat ia bersekolah dalam bidang keamanan dan ketertiban dilingkungan intern sekolah masing-masing.

"Ini merupakan bagian dari upaya dari strategi preventif kita untuk memberikan pendidikan sejak dini tentang tata tertib berlalulintas. Sehingga terwujud ketentraman yang dinamis antara siswa siswi dan guru pengajar guna mendukung proses belajar mengajar," imbuhnya.

Dikatakanya, dengan lomba PKS tersebut diharapkan para pelajar dapat menjadi mitra Polri dalam menjaga kamtibmas serta mewujudkan kamseltibcar lantas di sekolah masing-masing.

Baca Juga:

Kasat Lantas Polres Purwakarta: Pelajar Di Bawah Umur Jangan Kendarai Motor

Operasi Patuh Terpadu 2019 Di Purwakarta, Puluhan Pengendara Terjaring

Ia berharap dengan adanya lomba ini anggota PKS lebih semangat dan bangga. Selain itu, diharapkan pelajar lain termotivasi jadi anggota PKS sehingga semakin menumbuhkan kesadaran tertib berlalu lintas.

"Mudah-mudahan dengan lomba ini pelanggaran lalu lintas dilakukan pelajar bisa ditekan. Anggota PKS juga kami harapkan mensosialisasikan ke teman-temannya juga dapat membantu tugas-tugas kepolisan dalam mengatur lalu-lintas," kata Ricky.

Dengan terselenggaranya lomba ini, tambah dia, pihaknya ucapkan terima kasih kepada pihak sekolah dan rekan Polsek jajaran yang telah menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik, mendidik, melatih dan membina adik-adik pelajar.

"Kami sangat terbantu dengan adanya PKS ini. Mereka ikut andil dalam mengatur lalu lintas dan menyeberangkan rekan-rekannya saat jam masuk dan keluar sekolah," pungkasnya. (Gin)


Tags : Patroli Kemanana Sekolah Polres Purwakarta Ekstrakurikuler Bentuk Karakter Strategi Preventif Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Purwakarta
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi