Adas, Tanaman Obat Yang Bisa Atasi Kembung Saat Masuk Angin

JABARNEWS | BANDUNG – Adas dikenal sebagai tanaman obat yang dapat digunakan sebagai benih atau ramuan. Minyak adas yang dikandung biji tanaman ini merupakan salah satu komponen minyak telon.

Tak heran jika Adas bisa mengatasi masuk angin. Selain itu, ada banyak manfaat lain ada bagi kesehatan tubuh kita.

Perut kembung biasanya disebabkan oleh produksi gas yang berlebih di dalam perut, maupun karena masuk angin.

Baca Juga:  Dadang Supriatna: Pendidikan Dini Sangat Penting, Khususnya Soal Pancasila

Tak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, perut kembung akibat masuk angin juga bisa membuat Anda merasa sakit dan membuat ilusi perut seolah tampak besar.

Nah, biji adas juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan perut kembung. Perut kembung bisa disebabkan oleh penumpukan gas di dalam perut.

Di sinilah biji yang berwarna hijau pucat kecokelatan ini bekerja untuk mengurangi produksi gas tersebut. Hal ini dikarenakan biji adas membantu melemaskan otot-otot pada sistem pencernaan.

Baca Juga:  DPRD Jabar: Jawa Barat Memiliki Potesi Ekonomi Tinggi Soal Perikanan Air Tawar

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Global Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences juga menjelaskan hal serupa. Menurut penelitian tersebut, adas bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah pada pencernaan.

Ada beberapa kandungan pada biji adas yang berperan untuk meredakan perut kembung dengan mengurangi jumlah produksi gas. Ternyata, biji adas mengandung serat yang cukup banyak.

Baca Juga:  Waspada Potensi Hujan Disertai Kilat/Petir

Terbukti dengan ada sekitar 2 gram (gr) serat di dalam satu sendok makan biji adas. Bagi Anda yang sedang mengalami masalah pencernaan seperti perut kembung karena kebanyakan gas, makan makanan yang kaya serat akan meredakannya.

Caranya, kalian Mengunyah setengah sendok teh adas baik untuk mencegah pembentukan gas, menenangkan saluran pencernaan, serta mengurangi kembung maupun mulas. (Red)