Begini Ciri Orang Sudah Siap Beli Rumah, Apakah Kalian Salah Satunya?

JABARNEWS | BANDUNG – Rumah merupakan kebutuhan primer yang harus terpenuhi. Oleh karena itu, memiliki rumah bisa menjadi sebuah pencapaian dalam kualitas hidup seseorang. Pun demikian, membeli rumah juga bukan perkara kecil. Ada komitmen jangka panjang yang terlibat. Ini membuat sebagian orang ragu dengan kesiapan mereka dalam membeli rumah.

Tak sedikit orang yang secara penghasilan cukup besar namun masih ragu untuk membeli rumah. Lalu kebalikannya, secara penghasilan terlihat pas-pasan namun ia sudah memiliki rumah. Anda sendiri mungkin termasuk dari salah seorang yang sadar bahwa sudah saatnya Anda punya rumah sendiri.

Baca Juga:  Waspada, Ini Yang Akan Terjadi Jika Tubuh Kita Kekurangan Serat

Oleh sebab itu berikut beberapa ciri orang siap membeli rumah yakni:

Pertama. Aspek Finansial – Sudah pasti Anda butuh penghasilan untuk bisa membeli rumah, tetapi besarnya penghasilan bukanlah hal yang utama. Anda bisa membeli rumah dengan cicilan Rp 3 juta per bulan dengan kisaran Harga Rp 250 jutaan.

Nah, aspek finansial lain yang lebih penting selain besarnya penghasilan adalah rasio utang dan riwayat utang Anda. Pengecekan terhadap hal ini sering disebut BI checking. Anda akan kesulitan mengajukan KPR jika dalam BI checking Anda diketahui memiliki utang macet. Kondisi utang Anda ini akan dinilai berdasarkan skor kredit pinjaman.

Baca Juga:  Inilah 5 Minuman Berbuka Puasa Yang Sehat Dan Menyegarkan

Kedua. Aspek Emosional – Selain finansial, kesiapan membeli rumah juga dilihat dari aspek emosional yang seringkali menjadi hambatan seseorang untuk menilai apakah dia cukup siap untuk membeli sebuah rumah.

Aspek tersebut seperti Komitmen Jangka Panjang, Mau Berkompromi dan Ikhlas Menerima Keadaan, Bertahan Tinggal Di Daerah yang Sama dalam Waktu Panjang. Saat memiliki rumah sendiri, artinya Anda sudah siap untuk bertahan tinggal di daerah tersebut dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan.

Baca Juga:  Kurang Komunikasi, Warga Tasikmalaya Meninggal Saat Isoman di Kosan

Ketiga. Aspek Psikologi – Kematangan Secara Psikologis bisa menjadi salah satu ciri orang siap membeli sebuah rumah, Pengelolaan pikiran keinginan versus kebutuhan dibutuhkan kematangan secara psikologis untuk mengalahkan kesenangan jangka pendek untuk mementingkan kebahagiaan jangka panjang. (Red)