Begini Tanda Karet Wiper Mobil Kalian Minta Ganti

JABARNEWS | BANDUNG – Karet wiper yang terdapat pada mobil memiliki batas usia dalam penggunaannya. Fungsi dari alat ini cukup vital bagi keberlangsungan pengendara dalam mengendarai mobil. Ia berfungsi menyeka air yang jatuh di kaca mobil. Selain itu, benda ini juga memaksimalkan penglihatan ketika musim hujan tiba.

Ketika kondisi Karet wiper mobil masih layak digunakan, fungsinya sangat besar bagi keberlangsungan pengendara. Jika kondisi wiper sudah tidak layak pakai akan menyebabkan goresan pada kaca mobil. Hal ini dikarenakan Karet wiper sudah mengeras yang akan membuat daya hapus pada kaca tidak maksimal.

Baca Juga:  Lakukan Hal Ini Jika Anak Kalian Mengalami Haid Pertama

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa tanda karet wiper mobil tak layak pakai yakni:

Pertama. Masih Ada Sisa Air Saat Wiper Digunakan – Tanda Karet wiper tak layak guna yang pertama yakni Masih ada air saat wiper digunakan. Cobalah menyirami kaca mobil dengan air dan bersihkan menggunakan wiper.

Jika kaca dapat kering tanpa menyisakan bercak air artinya karet wiper masih dalam kondisi prima. Sebaliknya jika masih menyisakan bercak air, berarti karet tak lagi bekerja baik dan perlu diganti.

Baca Juga:  Rawan Manipulasi Data, Pengamat Minta Pemerintah Waspadai Kegiatan Fiktif

Kedua. Bentuk Karet Mulai Tidak Bagus – Cara berikutnya adalah dengan melihat dan menyentuh langsung bentuk karet wiper mobil anda. Apabila teksturnya kasar, terdapat retakan atau pecah-pecah, bentuk pinggiran tidak rata serta keras saat disentuh, maka karet wiper anda sudah terlalu aus dan harus segera diganti.

Sementara itu dari bentuknya, karet wiper yang tidak bagus akan terlihat tidak lurus atau agak melengkung. Artinya saat bekerja ada bagian kaca yang tidak tersapu oleh karet wiper.

Baca Juga:  Harga Pakan Ternak Naik, Makanya Telur Mahal

Ketiga. Timbul Suara Berdecit – Saat melakukan percobaan di atas coba juga dengarkan apakah ada suara berdecit yang keluar saat wiper beroperasi. Apabila menimbulkan suara berdecit, artinya karet tak lagi fleksibel atau mulai mengeras.

Karet wiper yang sudah mengeras selain tak efektif menyeka air juga dapat menimbulkan masalah lain. Karet yang keras ini dapat membuat kaca mobil menjadi baret dan semakin memperburuk visibilitas pengemudi. (Red)