Berikut Deretan Fakta Dari Masjid Tertua Di Depok

JABARNEWS | BANDUNG – Di Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, masjid selalu menjadi salah satu pilihan tempat untuk berdiam diri dan melakukan berbagai amalan yang dianjurkan saat sedang berpuasa.

Selain itu, masjid juga bisa menjadi salah satu tempat yang bisa kalian kunjungi ketika ingin berwisata religi. Contohnya seperti berwisata ke beberapa masjid tertua seperti Masjid Jami Al-Ittihad Depok.

Oleh sebab itu, berikut fakta dibalik masjid tertua di Depok. Diantaranya yakni:

Baca Juga:  Dianggap Efektif Tangani Covid-19, Ridwan Kamil Dapat Penghargaan dari IJTI Jabar

Pertama. Masjid pernah direnovasi dengan mengambil pasir dan batu di Kali Ciliwung – Renovasi pertama Masjid Jami Al-Ittihad dilakukan pada tahun 1969. Warga baik laki-laki dan perempuan bergotong royong merenovasi masjid dengan menggunakan alat seadanya. Bahkan warga sekitar mengambil pasir dan batu di Kali Ciliwung yang terletak cukup jauh dari letak Masjid.

Baca Juga:  Sebanyak Rp4,8 Triliun Uang di Wilayah Cirebon Terpaksa Dimusnahkan, Kenapa?

Kedua. Masjid Tertua Di Depok Berumur 2,5 Abad – Menurut Ketua Seksi Kepemudaan Masjid Jami Al-Ittihad, Masjid telah berdiri selama ratusan tahun. Yang jelas ini Masjid tertua yang ada di Kota Depok, sudah ratusan tahun berdiri.

Ketiga. Sunan Gunung Jati menjadikan Masjid Jami Al-Ittihad sebagai basis penyebaran agama Islam – Pada zaman dahulu, para wali seperti Sunan Gunung Jati diajak oleh wali setempat untuk menjadikan Masjid Jami Al-Ittihad sebagai tempat perkumpulan wali untuk menyiarkan agama Islam.

Baca Juga:  Harga Daging Naik Terus Di Cianjur

Keempat. Empat Tiang Penyangga Jadi Bagian Tertua di Masjid Jami Al-Ittihad – Empat tiang penyangga dalam Masjid Jami Al-Ittihad merupakan bagian tertua dalam Masjid yang diperkirakan berusia 2,5 abad. Empat tiang penyangga tersebut dibangun saat renovasi pertama dilakukan yakni pada tahun 1969. (Mal)