Berpelukan Miliki Sejuta Manfaat, Yang Single Jangan Baper

JABARNEWS | BANDUNG – Seberapa seringkah Anda berpelukan dengan pasangan Anda? Sepertinya mulai saat ini Anda harus memaksimalkan moment berdua dengan pasangan dengan saling memberi pelukan, karena ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan untuk kesehatan Anda.

Apa saja ya manfaat saling memberi pelukan bagi kesehatan, berikut ulasannya:

1. Merangsang Oxytocin

Oxytocin merupakan senyawa penghubung pada otak yang bekerja dalam sistem limbik, pusat emosi pada otak yang berkaitan dengan perasaan manusia. Oxytocin bertugas untuk meredakan rasa cemas, stres, dan bahkan bisa membuat mamalia menjadi setia pada pasangannya. Senyawa Oxytocin ini juga dapat mempengaruhi kondisi emosi pada wanita. Penelitian dari University of California mengungkap bahwa senyawa ini juga yang mempengaruhi pria agar lebih menyayangi dan terikat pada pasangannya. Oxytocin juga diketahui bisa meningkatkan libido serta gairah. Ketika berpelukan, otak akan melepaskan oxytocin dan menurunkan stres, tekanan darah, sekaligus mencegah penyakit jantung.

Baca Juga:  Fahri Hamzah Bersama Anis Matta Disebut Penggagas Parpol Gelora

2. Mencegah penyakit

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Touch Research Institute di University of Miami School of Medicine mengungkap sentuhan dan pelukan memiliki efek besar terhadap kesehatan tubuh Anda. Beberapa di antaranya adalah mencegah penyakit, membuat bayi prematur lebih cepat tumbuh, meredakan rasa sakit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada pasien kanker.

3. Merangsang kelenjar timus

Pelukan tak hanya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, namun juga merangsang kelenjar timus yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan manusia. Kelenjar timus bagi remaja penting dalam mengatur pertumbuhan dan pubertas. Sementara pada orang dewasa, kelenjar timus berkaitan dengan produksi sel darah putih yang akan memperkuat kekebalan tubuh dan menangkal segala jenis penyakit.

Baca Juga:  Polemik Audisi Pencarian Bakat Bulutangkis

4. Produksi dopamine

Semua hal yang dilakukan manusia bisa berpengaruh terhadap aliran dopamin pada tubuh. Dopamin yang rendah akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti penyakit Parkinson atau depresi. Dopamin berfungsi memberikan perasaan bahagia pada seseorang, sekaligus memberikan motivasi. Pelukan bisa memicu aliran dopamin dalam tubuh sehingga membuat seseorang lebih bahagia, termotivasi, dan jauh dari depresi.

5. Merangsang serotonin

Tak hanya dopamin, pelukan juga merangsang pelepasan endorphin dan serotonin pada pembuluh darah ke seluruh tubuh. Kedua hal ini akan memicu perasaan senang, meredakan rasa sakit mencegah perasaan sedih, serta menjaga kesehatan jantung. Selain itu, serotonin dan endoprhin juga membantu menghilangkan kelebihan lemak dan menambah harapan hidup. Berpelukan meningkatkan jumlah serotonin dalam tubuh, menaikkan mood, menghilangkan stres, dan membuat bahagia.

Baca Juga:  Dituding Dalang Kerusuhan 1998, Wiranto Tantang 'Sumpah Pocong' Kivlan Dan Prabowo

6. Keseimbangan sistem saraf

Pelukan juga berfungsi untuk menyeimbangkan sistem saraf. Kulit mengandung jaringan yang bisa merasakan sentuhan dan berkaitan langsung dengan otak melalui saraf vagus. Respon yang terjadi pada tubuh ketika seseorang mendapatkan pelukan ini membuat sistem saraf parasimpatik menjadi semakin seimbang dan berfungsi dengan baik.

Well, sudahkah Anda memberikan pelukan untuk pasangan Anda hari ini? (Nur)

Sumber berita ini diambil dari berbagai sumber.

Jabarnews | Berita Jawa Barat