Besok Pagi, Pemprov Jabar Gelar Salat Istisqa Di Gasibu

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menggelar salat meminta hujan atau istisqa di Lapangan Gasibu, Bandung, Selasa (15/10/2018) pagi, pukul 07.30 WIB.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, mengatakan, kondisi sejumlah waduk di Jabar baik Jatiluhur maupun Cirata saat ini debit airnya terus menurun. Karena itu Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengambil sejumlah langkah-langkah penanganan.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Nantikan Kolaborasi Anggota DPRD Jawa Barat yang Baru

“Pertama dengan melakukan ikhtiar lewat koordinasi dengan Pemerintah Pusat yaitu mendorong terjadinya hujan buatan. Kedua, sebagai umat beriman kami mengimbau kepada Bupati, Wali Kota dan jajarannya untuk melakukan salat memohon doa agar Allah menurunkan hujan,” katanya, di Gedung Sate, Bandung, Senin (15/10/18).

Menindaklanjuti perintah Gubernur, Sekda mengaku Senin pagi ini sudah berkoordinasi dengan pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar dan jajarannya terkait teknis pelaksanaan shalat.

Baca Juga:  Dua Pelajar Tewas Diduga Akibat Overdosis Miras Oplosan

Selain itu dia juga memerintahkan Kepala Biro Pelayanan Sosial Setda Jabar untuk melakukan persiapan, di mana panitia lokal salat istisqa adalah DKM Al Muttaqien, Gedung Sate.

“Insya Allah salat istisqa akan dilaksanakan besok pagi jam 07.30 WIB di Lapangan Gasibu. Saya meminta keiklasannya untuk seluruh ASN, masyarakat sekitar wilayah Gasibu dan karyawan Telkom, PT Pos untuk bersama-sama melaksanakan salat istisqa,” paparnya.

Baca Juga:  Terciduk Bawa Ganja, Mahasiswa di Cirebon Dibekuk Polisi

Iwa berharap dengan digelarnya salat secara serentak dan rekayasa cuaca bisa membuat waduk-waduk yang ada di Jabar bisa kembali dipenuhi air. Selain itu areal ladang dan persawahan bisa panen sesuai jadwal karena hujan mulai turun. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat