Butuh Air Bersih, Warga Ciamis Terpaksa Minum Air Sungai

JABARNEWS | CIAMIS – Warga Dusun Banjaranyar, Desa Banjaranyar, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis terpaksa memanfaatkan air Sungai Cisarua untuk minum. Hal itu dilakukan ratusan kepala keluarga (KK) di lokasi tersebut lantaran kesulitan mendapatkan air bersih.

Dilansir harapanrakyatonline.com, jarak yang cukup jauh pun tidak menyurutkan mereka untuk mendapatkan air bersih. Selama musim kemarau ini, mereka harus menempuh jarak lebih dari satu kilometer dengan menggunakan kendaraan sepeda motor.

Baca Juga:  Kemenangan Jadi Modal Lawan Bali United

’’Kondisi sumur warga yang sudah pada kering membuat kami terpaksa menggunakan air Sungai Cisarua ini untuk kebutuhan cuci serta air minum. Meski kondisinya kurang baik untuk kesehatan, namun apa boleh buat,” tutur Atang, salah seorang warga setempat.

Baca Juga:  Tokoh Jabar Kecewa, Emil Nonton Konser GNR Di Tengah Bencana Tasikmalaya

Atang menjelaskan, setiap memasuki musim kemarau seperti saat ini, ratusan kepala keluarga di Dusun Banjaranyar terpaksa membuat sumur di dasar sungai untuk memenuhi kebutuhan air bersih mereka.

’’Dulu, kami pernah mendapat bantuan program sanitasi. Namun itu tidak berjalan sama sekali. Padahal, selain anggaran pemerintah yang dialokasikan untuk pembuatan sanitasi, warga juga iuran secara swadaya untuk membeli argo meter. Namun semuanya sia-sia. Bahkan hingga saat ini tak ada langkah lanjutannya,” pungkas Atang. (Abh)

Baca Juga:  Peduli Lombok, Masyarakat Cisambeng Majalengka Gelar Kreasi Seni

Jabarnews | Berita Jawa Barat